
Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Kota Tarakan (Studi Kasus: Tarakan Tengah)
Pengarang : Sandy Randawijaya
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial di kota tarakan yang diukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan menggunakan indeks kepuasan masyarakat (ikm). penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif dengan menggunakan analisis indeks kepuasan masyarakat dengan hasil desain dalam bentuk angka. penelitian dilakukan di kota tarakan terkhusus di kecamatan tarakan tengah. teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling (secara acak). teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan kuesioner. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat (ikm) untuk pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial kota tarakan adalah 3,21 dengan angka konversi sebesar 80,00. maka kinerja kualitas pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan baik. hasil dari 9 indikator indeks kepuasan masyarakat dengan nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut : (1) persyaratan pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 80,75 dengan kategori baik. (2) prosedur pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 81,25 dengan kategori baik. (3) waktu penyelesaian petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 83,75 dengan kategori baik. (4) biaya/tarif pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 84,25 dengan kategori baik. (5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 83,25 dengan kategori baik. (6). kompetensi pelaksana pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 81,75 dengan kategori baik. (7) perilaku pelaksana petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 82,5 dengan kategori baik. (8) penanganan pengaduan petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 79,75 dengan kategori baik. (9) sarana dan prasarana petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 70 dengan kategori kurang baik.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to know the quality of service of national health care security of the tarakan city regency measured by public satisfaction by using satisfaction index (ikm). this research is a descriptive research type using analysis of satisfaction index of society with result of design in the form of number. the research was conducted in the tarakan city especially in the central tarakan sub-district. the sampling technique used is random sampling technique (randomly). technique of data collecting is done by observation,documentation, questioner and interview. the results showed that the value of satisfaction index (ikm) for the service of national health care security of the tarakan city is 3,21 with the conversion rate of 80,00. then the performance of quality of the quality of public service is in the category of good service quality. the results of 9 indicators of satisfaction index of public with value between 0-100, are as follows : (1) tearm of service have an ikm value equal to 80,75 with good category. (2) service procedure has ikm value of 81,25 with good category. (3) the time of completion of the service officer has ikm value equal to 83,75 with good category. (4) service fees/rate has ikm value equal to 84,25 with good category. (5) responsibility of service officer has ikm value equal to 83,25 with good category. (6). executive competence of service porsonnel has a value of ikm of 81,75 with good category. (7) the executing behavior of service personnel has ikm value equal to 82,5 with good category. (8) complaint handling services officers have a ikm value of 79,75 with good category. (9) fasilities and infrasructure service officer have a ikm value of 70 with poor category.