UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Penyajian Konsep Dan Prinsip Serta Ilustrasi Materi Biologi Dalam Buku Teks  IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VII Semester II

Analisis Kesalahan Penyajian Konsep Dan Prinsip Serta Ilustrasi Materi Biologi Dalam Buku Teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VII Semester II

Pengarang : Laila Rasidah Handayani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan hasil penelaahan deskriptif tentang analisis kesalahan penyajian konsep dan prinsip serta ilustrasi materi biologi dalam buku teks ipa kurikulum 2013 smp kelas vii semester ii. permasalahan yang diteliti adalah bagaimana kesesuaian isi buku teks ipa materi biologi kelas vii dengan kompetensi inti (ki) dan kompetensi dasar (kd) serta apakah ada kesalahan pada penyajian konsep, prinsip, dan ilustrasi materi biologi dalam buku teks ipa smp kelas vii semester ii. penelitian ini bertujuan membandingkan kesesuaian isi buku teks ipa materi biologi smp kelas vii semester ii dengan kompetensi inti (ki) dan kompetensi dasar (kd) serta menemukan kesalahan penyajian konsep, prinsip, dan ilustrasi materi biologi pada buku teks ipa smp kelas vii semester ii. berdasarkan dari hasil analisis pada bab iv, analisis kesalahan penyajian konsep dan prinsip serta ilustrasi materi biologi dalam buku teks ipa kurikulum 2013 smp kelas vii semester ii, dapat disimpulkan bahwa: pertama, kedua buku teks pelajaran yang dianalisis kesesuaian isi buku teks ipa didapatkan nilai ratarata, yaitu 92%. nilai terendah yang diperoleh adalah 83% terdapat pada buku ipa terpadu terbitan eg dan nilai tertinggi 97% diperoleh dari buku ilmu pengetahuan alam terbitan kemendikbud. kedua, untuk ke-2 sampel penelitian baik ipa terpadu terbitan eg dan buku ilmu pengetahuan alam bse terbitan kemendikbud sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan pada penyajian data berupa materi. untuk buku ipa terpadu terbitan eg tidak ditemui kesalahan penyajian konsep, prinsip, dan ilustrasi materi. sedangkan untuk buku ilmu pengetahuan alam terbitan kemendikbud masih terdapat kesalahan penyajian konsep, prinsip, dan ilustrasi materi yang dapat dilihat pada tabel hasil analisis kesalahan penyajian konsep dan prinsip serta ilustrasi materi. namun kesalahan ini tidaklah begitu fatal. dari hasil tersebut dapat disimpulkan ke-2 buku tersebut dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran disekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 tingkatan smp.

Abstrak Indonesia

The is descriptive research which is about the analysis of conceptual and principles misstatement and inaccurate illustrations of biological concepts on the science textbooks of curriculum 2013 for the second semester of seventh graders. this research studied the appropriateness of biological materials on the science textbooks for seventh graders based on main competence and whether there are mistakes in presenting the concept, principles and illustrating biological materials on the science textbooks for seventh graders at second semester. this research is comparing the appopriateness of the content of the biological materials on the science textbook for seventh graders with main competence and basic competence then finds out the mistakes of concepts and principles misstatements and innacurate illustrations of biological material on the science textbook for seventh graders on the second semester. the results show that in the chapter iv, the analysis of conceptual and principles misstatement and inaccurate illustrations of biological concepts on the science textbooks of curriculum 2013 for the second semester of seventh graders, can be concluded that: first, both two textbooks showing appropriateness of scince textbook content with the average of 92%. then, lower score which is 83% belongs to ipa terpadu that published by eg while the higher score which is 97% obtained by science text book published by kemendikbud. second, both samples have similar advantages and disadvantages in presenting the information. there is no mistakes found in ipa terpadu published by eg in presenting concept, principles, and ilustrating the materials that can be seen from the comparision table of concepts, principles, and material illustration. therefore the misstatement is tolerated. the result shows that both books are eligible for teaching and learning activities at schools that have implemented the curriculum 2013 for junior high school.