
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan
Pengarang : Inggit Rahayu Pengestu
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar biologi kelas xi sma muhammadiyah tarakan. penelitian ini dilakukan mulai bulan maret 2016 di sma muhammadiyah tarakan. penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas xi dan sampel sebanyak 2 kelas. teknik pengambilan sampel menggunakan cluster purposive sampling. teknik pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. data tes uraian dianalisis menggunakan software spss 22.0 for windows. teknik analisis data menggunakan perbedaan nilai gain hasil belajar dengan independent sample t-test. hasil perbedaan nilai gain hasil belajar menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model quantum learning sebesar 0.173 daripada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah bervariasi sebesar 0.133. berdasarkan pada baris equal variances assumed (diasumsikan sama) diperoleh thitung 1,79 pada taraf signifkansi 0,05 dan dk=67 diperoleh nilai ttabel 1,66 berarti thitung > ttabel hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum learning dapat berpengaruh daripada kelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi. sedangkan, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar biologi kelas xi sma muhammadiyah tarakan.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study to investigate the effect of the application of the use of quantum learning teaching model towards learning outcomes biology class xi sma muhammadiyah tarakan. this study was conducted from march 2016 sma muhammadiyah tarakan. this study is a quasi-experimental research with a class xi student population and a sample of 2 classes. cluster sampling technique used purposive sampling. data collection techniques using tests and observation. data analysis tests were analyzed using spss 22.0 for windows. data were analyzed using the difference gain value learning outcomes by independent sample t-test. results difference gain value learning results showed a significant difference between classroom learning results of experiments using the model of quantum learning for 0.173 than the control class that use the lecture method varies by 0.133. based on the line equal variances assumed (assumed to be equal) obtained t 1.79 at level signifkansi 0.05 and df = 67 mean values obtained ttabel 1.66 thitung> ttabel it shows that the use of quantum learning learning model can be influential than classroom use lecture method varies. while, based on the research results can be concluded that there are influence of quantum learning model learning outcomes learning against biology class xi sma muhammadiyah tarakan.