UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Ika Sunariyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outdoor learning berbasis inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii. jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas vii smp negeri 9 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas vii-2 dan vii-5. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar penilaian diri, lembar penilaian keterampilan, lembar observasi dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan mulitvariate analysis of variance (manova). berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran outdoor learning berbasis inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa kelas vii dengan nilai f sebesar 8,479 dengan nilai signifikansi 0,005. terdapat pengaruh pembelajaran outdoor learning berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas vii dengan nilai f sebesar 4,268 dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 di smp n 9 tarakan.

Abstrak Indonesia

The aim of this research is to know the influence of guided inquiry based outdoor learning on conceptual understanding and the ability of critically thinking on seventh graders students. this is a quasi experimental researce with non equivalent control group design. the research population is seventh graders at smp n 9 tarakanthe sample is selected using purposive sampling, wich was vii-2 and vii-5 graders. the data is collected using test, observation form, and documentation. the data then analyzed using multivariate analysis of variance (manova). the result shows that guided inquiry based on outdoor learning influences students’ conceptual understanding with f value 8,479 and significancy 0,005. it also influences students’ critical thinking with f value 4,268 and significancy 0,042.