
Pengembangan Media “Woody Puzzle” Berbasis Pembelajaran TGT ( Teams Games Tournaments ) Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Martica Nuary Nurhaidha
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media “woody puzzle” berbasis pembelajaran tgt (teams games tournament) pada materi struktur jaringan tumbuhan yang sesuai dengan karakteristik belajar siswa smp kelas viii dan menghasilkan produk media “woody puzzle” yang layak dan efektif sebagai media pembelajaran. penelitian ini menggunakan model pengembangan sugiyonoyang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh, menggunakan 3 orang validator ahli, yaitu; ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikan. uji coba produk dilakukan di sekolah smp negeri 9 tarakan menggunakan kelas viii-8 sebanyak 30 orang. hasil validasi ahli media sebesar 76 % dengan kategori layak, ahli materi sebesar 97 % dengan kategori sangat layak, ahli pendidikan sebesar 85 % dengan kategori sangat layak, hasil angket respon siswa uji coba produk sebesar 84 % dengan kategori menarik, angket respon guru sebesar 80 % dengan kategori menarik, tanggapan siswa sebesar 92 % dengan kategori sangat menarik, tanggapan guru sebesar 86 % dengan kategori sangat menarik, observasi keterlaksanaan kegiatan guru dengan media sebesar 81 % dengan kategori baik, observasi kegiatan siswa dengan media sebesar 80 % dengan kategori baik,dan hasil belajar klasikal siswa sebesar 80 % dengan kategori baik. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media “woody puzzle” layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Abstrak Indonesia
This research has purpose to make a “woody puzzle” media based learning tgt ( teams games tournament ) on the material structure tissue on plants wich was appropriate to the characteristic of secondary high school students as well as valid and effective can be medium instruction learning. this research was limited only to the seventh stage of sugiyono model, validatet by 3 experts, i.e; media expert, material expert, and education expert. trials products was implemented at smpn 9 tarakan on the subject of eighth-eighth class tested 30 students. the result of validation from media expert was 76% with viable category, material expert was 97% with highly-viable category, education expert was 85% with highly-viable category, the result of evaluation questioner response for students in trials products was 84% with attractive category, evaluation questioner response for teacher was 80% with attractive category, evaluation questioner reaction for students was 92% with highly-attractive category, evaluation questioner reaction for teacher was 86% with attractive category, activities teacher with media observation was 81% with good category, activities students with media observation was 80% with good category, and the result classical of learning students was 80% with good category. based on the results, it can be concluded that the “woody puzzle” media viable and effective used as a media of learning.