
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Nominal Group Process Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Heril Julianos Sebah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif teknik nominal group process terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan tahun ajaran 2015/2016, dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas viii-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas viii-4 sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. analisis data menggunakan bantuan software spss 22 for windows teknik analisis data dengan uji manova dilanjutkan dengan uji independent sample ttest. hasil analisis pengaruh pembelajaran kooperatif teknik nominal group process terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa diperoleh (f=9,418 ; p ttabel dan untuk hasil belajar diperoleh thitung 4,078 pada taraf signifikansi 0,05 dan dk=70 diperoleh nilai ttabel 1,671 berarti thitung > ttabel. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat tabel pengaruh pembelajaran kooperatif teknik nominal group process terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. 2) terdapat perbedaan yang menggunakan pembelajaran kooperatif teknik nominal group process dengan model diskusi terhadap motivasi siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. 3) terdapat perbedaan yang menggunakan pembelajaran kooperatif teknik nominal group process terhadap hasil belajar (kognitif) biologi siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to determine the influence of cooperative learning with nominal group process techniques against motivation and biology learning out comes of eighth grade students of smpn 5 tarakan. this research was a quasi-experimental (quasi experimental) research with non equivalent control group design. the population in this study were all eighth grade students of smpn 5 tarakanyear 2015/2016, and the sample were 2 classes, class viii-3 as experimental class and class viii-4 as control class. the sampling technique used purposive sampling. data analysis used spss 22 for windows with manova test techniques followed by independent sample t-test. the results showed f = 9.418; p ttable and results of learning out comes showed tvalue =4.078 with significance level 0.05 and dk=70 showed ttable .=1.671, means tvalue > ttable. based on the results can be concluded that1) there are significant effect of cooperative learning with nominal group process techniques against motivation and biology learning out comes of eighth grade students of smpn 5tarakan. 2) there are differences between using cooperative learning with nominal group process techniques and using discussi on model against motivation of eighth grade students of smpn 5tarakan. 3) there are differences between using cooperative learning with nominal group process techniques against biology learning outcomes (cognitive) of eighth grade smpn 5 tarakan.