UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Agustina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap minat dan hasil belajar siswa. jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas vii dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas vii-5 sebagai kelas eksperimen dan vii-6 sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, observasi, dan angket. analisis data menggunakan bantuan software spss 22.0 for windows dengan teknik analisis data menggunakan uji indepenndent sample t-test dan uji manova. hasil uji independent sample t-test terhadap minat belajar siswa menunjukan bahwa nilai signifikansi diperoleh thitung 3,144 pada taraf signifikansi alfa = 0,05 dan dk = 66 diperoleh nilai ttabel 1,668 berarti thitung >ttabel. hasil uji independent sample t-test terhadap nilai n-gain diperoleh thitung 3,044 pada taraf signifikansi alfa = 0,05 dan dk = 66 diperoleh nilai ttabel 1,668 berarti thitung > ttabel. sedangkan hasil uji manova terhadap minat dan hasil belajar siswa hal ini ditunjukan dengan nilai f sebesar 12,671 dan 9,884 dengan nilai signifikansi sebesar ,001 dan ,002 (< 0,05) hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 10 tarakan. kata kunci : quantum teaching, minat belajar, hasil belajar

Abstrak Indonesia

The effect of quantum learning model on students, learning result and interest of seventh grade students at smp negeri 10 tarakan. (supervised by vlorensius and zulfadli). the objective of this study is to know the effect of quantum learning model learning on learning result and students interest. this research uses quasi experiment research with the population from class vii and the sample taken from two classes, class vii-5 as the experimental class and vii-6 as the control class. the sampling technique is used purposive sampling and data collections techniques using documentation, testing, observation and questionnaires. data analysis using spss 22.0 for windows with data analysis techniques using indepenndent test sample t-test and manova test. the result of independent sample t-test on student interest shows that the significant value obtained t 3.144 at significance level α = 0.05 and df = 66 1,668 ttabel mean values obtained tcount> ttable. independent test results sample t-test on the n-gain values obtained t 3.044 at significance level α = 0.05 and df = 66 1,668 ttabel mean values obtained tcount> ttable. while manova test results on the interest and student learning result is indicated by the f value of 12,671 and 9.884 with a significance value of, 001 and, 002 (