
Analisa Statik Struktur Atas Jembatan Komposit Permodelan Jembatan Keramat Tarakan Dengan SAP 2000 Versi 7.40 (Student Version)
Pengarang : Sri Wahyuni
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2011Abstrak Indonesia
Jembatan mempunyai arti penting bagi penggunanya sebagai penghubung dari wilayah yang satu dengan wilayah yang lainnya dari medan-medan jalan yang akan dilalui seperti sungai, rawa dan lainnya sebagainya. jembatan keramat adalah salah satunya. selain menghubungkan beberapa kecamatan di tarakan timur ke pusat kota. jembatan ini juga menanggung beban dari transportasi berat yang mengakomodasi kegiatan konstruksi umum dan transportasi eksplorasi minyak mentah. ruang lingkup penelitian ini difokuskan pada perilaku gelagar dan dek sebagai aksi komposit yang dimodelkan dalam elemen frame untuk balok utama dan elemen shell untuk dek menggunakan sap2000 versi 7.40 student version untuk menentukan diagram momen lentur/bmd, digram gaya lintang/sfd, diagram gaya normal/nfd, lendutan meskipun menekankan berdasarkan analisis aksi kombinasi beban permanen dan sementara. maka hasilnya diverifikasi oleh analisis manual menurut load resistance factor design (lrfd). penelitian ini juga mencoba untuk beban kendaraan dimodelkan sebagai beban dalam moving load case sap2000 7.40 student version yang dianggap beban t terjadi pada balok utama. hasilnya menunjukkan bahwa momen maksimum menunjukkan bmd pada balok utama adalah 725,85 knm pada keadaan batas ultimit dengan perhitungan manual menunjukkan koreksi 4,54%. jadi kekuatan geser ditunjukkan oleh sfd pada balok utama adalah 223,57 kn pada keadaan batas layan dengan koreksi 23,88% ke dalam perhitungan manual. defleksi balok utama dalam menunjukkan pada keadaan batas ultimit sebesar 0,02915 mm. tegangan (?) pada arah sumbu x-x paling maksimum sebesar 215.0059 mpa sedangkan nilai tegangan ijinnya (?ijin) sebesar 216 mpa dan tegangan (?) pada arah sumbu y-y paling maksimum sebesar 43.0019 mpa sedangkan nilai tegangan ijinnya (?ijin) sebesar 216 mpa. sehingga apabila ? < ?ijin maka disimpulkan bahwa arah tersebut masih dalam kondisi aman.
Abstrak Indonesia
The bridge has significance for its users as a link from one region to another region of fields the path to be traversed as rivers, swamps and other so on.keramat bridge is one of them. in addition to connect several district in tarakan timur subdistrict into centre town. this bridge also served heavy transportation that accommodates public construction activities and crude oil exploration transportation. the scope of this research are focused in behavior of girder and deck as composite action were modeled in frame element for the girders and shell elements for the decks utilized sap2000 version 7.40 student version to find bending moment diagram (bmd), shearing force diagram (sfd), normal force diagram (nfd), deflection even though the stresses based on analyse of severe combination action of permanent and temporary load. then the result verified by manual analysis according into load resistance factor design methode (lrfd). this research also try to modeled vehicle loads as moving load case in sap2000 version 7.40 student version which assumed t load carried on the girders. the result shows that maximum moment indicated the bmd at girder is 725,85 knm in ultimit limit states (uls) with error into manual calculation shows 4,54%. thus shear forces indicated by sfd at the girder is 223,57 kn in uls with correction 23,88% into manual calculation. the deflection of girder in uls shows 0,02915 mm. stresses that were occurured in deck are 215,00 mpa along x-x axis (? xx) and (?yy) = 43,00 mpa while the permitted stress equal 216 mpa. hence all stress occurred in the deck called be in safety.