UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Struktur Rangka Pipa Baja Konstruksi Kuda-Kuda Hanggar Pesawat Perintis Menggunakan Material Galvanis

Analisis Struktur Rangka Pipa Baja Konstruksi Kuda-Kuda Hanggar Pesawat Perintis Menggunakan Material Galvanis

Pengarang : Edy Utomo

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berkembangnya penggunaan pesawat perintis di indonesia telah meningkatkan pelayanan transportasi udara ke daerah-daerah terpencil seperti halnya di kalimantan dan membutuhkan hanggar sebagai mana pesawat komersil lainnya sebagai perlindungan. penggunaan pipa galvanis umumnya dijumpai pada pekerjaan non struktural seperti halnya instalasi pipa air. meskipun demikian dewasa ini terdapat juga penggunaan pipa galvanis untuk kepentingan pekerjaan struktural lainnya khususnya struktur rangka pipa baja, misal pada beberapa terminal bis dan stasiun kereta api bahkan konstruksi hanggar sebagai struktur rangka atap. oleh sebab itu diperlukan adanya perencanaan yang baik meliputi aspek stabilitas, kekuatan, keamanan, keawetan dan kenyamanan pada desain struktur tersebut. penelitian ini mencoba melakukan investigasi struktur rangka atap hanggar pesawat menggunakan pipa baja galvanis. analisa diawali difokuskan pada struktur rangka atap hanggar pesawat pt. maf tarakan sebagai existing prototype. selanjutnya dilakukan permodelan struktur rangka pipa baja galvanis berdasarkan data-data perencanaan yang diperlukan. sebagian data seperti halnya beban angin diperoleh melalui pendekatan statistik. dimensi profil pipa baja galvanis yang digunakan di sini berturut-turut chs ?2” sebagai batang diagonal dan vertikal, chs ?3” untuk gording dengan trekstang ?10 mm, dan chs ?5” untuk batang bawah dan atas. sambungan yang digunakan adalah sambungan las kudakuda 3 dimensi, nilai a = 4,00 mm. elektroda las adalah galvanis lunak, dan fuw = 4900 kg/cm2 . seluruh perencanaan struktur berdasarkan sni 03-1729-2002 dan ppiug 1983 dengan analisa struktur diperoleh menggunakan sap2000 versi 11,00 dan pendekatan grafis cremona untuk kasus 1 dimensi. penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pipa baja galvanis sebagai struktur rangka atap pada konstruksi atap hanggar pesawat masih dalam batas aman berdasarkan sni 03-1729-2002 baik untuk prototype existing maupun pada model. selanjutnya dijelaskan bahwa nilai kontrol aksial yang dihasilkan dari penggunaan profil chs ? 5” dan ? 2” memberikan nilai keamanan yang lebih besar dibandingkan dengan existing prototype hanggar yang menggunakan profil chs ? 3” dan ? 1 ½” berdasarkan model 3d. log pearson iii memberikan nilai kecepatan angin sebesar 15,00 knot cukup logis untuk menghasilkan beban angin yang diharapkan. analisis eksisting 2-dimensi, untuk hubungan analisis gaya batang metode cremona dengan sap 2000, versi 11,00 dan kontrol deviasi error rata-rata untuk seluruh elemen batang sebesar 0,24%.

Abstrak Indonesia

The development of indonesia aircraft pioneer increased flight transportation services in isolated area such in severe places in kalimantan and it need an hangar like an ordinary commercial planes protection. the using of galvanized pipe were found in non structural activities generally such n water installation piping. however, it also were found in structure component especially truss steel pipe structure of bus terminal and train station even though hangar construction. hence, it was really need best planning covered all in stability, strengthness, safety, durability, and comfortness aspect of structure design. this research try to investigate truss structure of pioneer aircraft hangar using galvanized steel pipe. pre eleminary analysis concern in truss structure of aircraft hangar in ownership of pt. maf tarakan as prototype. thus, galvanized steel pipe truss structe were modeled based on planning data were needed. part of data such in wind load were found by statistical approach. galvanized steel pipes profile dimention (chs)were utilized here correspondently chs ?2” as diagonal and vertical member, chs ?3” as gording beam by trecstang ?10 mm, and chs ?5” for lower and upper member. the connections were used in here three dimention welded connection with in a = 4,00 mm. soft galvanized welded were used in weld electrodes in which fuw = 4900 kg/cm2 . all structures design were designated on sni 03-1729-2002 and ppiug 1983 where structure analysis swas supported by sap2000 version 11,00 utilized and cremona graphic approach for 1 dimentional case. ths research shows that generally using og galvanized steel pipe in truss structure of aircraft hangar had been still in tolerance of requirements of sni 03-1729-2002 for prototype even though model. next, described that axial control value of chs ? 5” and ? 2” give safety value greater than prototype using chs ? 3” dan ? 1 ½” in 3d model.. log pearson iii give an expected value of wind velocity 15,00 knot reasonable to produce the expected wind load. prototype 2d analysis structure given axial force cremona approach and sap2000 were compared in 0,24% of error diviation control at each members.