
Dampak Pemisah Arah Permanen Terhadap Arus Lalu Lintas Di Jalan P. Aji Iskandar Juata Laut Kota Tarakan
Pengarang : Thomas
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Untuk mengoptimalkan fungsinya, jalan harus memiliki kinerja yang standar dan direncanakan. jalan p.aji iskandar merupakan bagian dari jalan utama yang ada di kota tarakan yang mana aktivitas di daerah jalan ini cukup besar. selain itu pula ruas jalan ini merupakan jalur transportasi darat yang digunakan masyarakat bila hendak masuk dan keluar kota tarakan ke kabupaten lain (bulungan) ataupun ke propinsi tetangga (kalimantan timur). maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa arus lalu lintas pada jalan p. aji iskandar setelah adanya pemisah arah, sehingga dapat diketahui seberapa besarnya pengaruh pemisah arah terhadap kapasitas jalan. berdasarkan perhitungan didapat bahwa derajat kejenuhan akan menjadi lebih kecil bila menggunakan pemisah arah dibandingkan dengan tidak menggunakan pemisah arah. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi pengelola dan pemakai jalan, agar dapat lebih meningkatkan jalan p. aji iskandar sebagai jalan perkotaan, maupun sebagai jalur transportasi antar kota. dari hasil análisis diperoleh nilai derajat kejenuhan pada ruas jalan p.aji iskandar berada dibawah nilai ds= 0.5 (tingkat pelayanan a), baik ruas jalan tanpa pemisah (ds=0.18) maupun ruas jalan dengan pemisah (ds=0.31).
Abstrak Indonesia
To optimize the its function, the road must have a standard of performance and planned. p. aji iskandar street is part of main street in tarakan city which is the activity in this road large enough. besides that, this road is a land transportation that used when people want to get in and out from tarakan city to other districts (bulungan) or a neighboring province (east kalimantan). the intent and purpose of this research was to analyze the flow of traffic on aji p. iskandar after their separation direction, so that it can be seen how much the influence direction of the road capacity separator. based on the calculation obtained that saturation of degree will be smaller when using the separator direction compared to does not using the separator directions. based on the results of this research are expected to provide the information and feedback to managers and road users, in order to further improve p. aji iskandar street as urban roads, as well as inter-city transportation. based on the analysis obtained the results of saturation of degree values on p. aji iskandar street is below the value of ds = 0.5 ( service level a), both the current street without separator ( ds = 0.18) as well as roads with a separator ( ds = 0:31 ) .