
Kajian Konstruksi Jalan Menuju Bumi Perkemahan Kota Tarakan
Pengarang : Marthen Roy Kondo
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Mengantisipasi pengaruh lalu lintas untuk dapat dilayani dengan kapasitas yang memadai menuju bumi perkemahan perlu dibangun jalan sesuai dengan prediksi kebutuhan pengaruh dalam jangka panjang. berdasarkan hal tersebut menjadi tujuan peneliti untuk mengangkat tema, kajian konstuksi jalan menuju bumi perkemahan kota tarakan. tebal perkerasan lentur dan sistem drainase perkotaan ini adalah untuk mendapatkan tebal struktur perkerasan lentur, bentuk geometrik dan sistem drainase perkotaan ini menggunakan metode petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisis skbi 2.3.26.1987 dan desain drainase permukaan jalan no.008/t/bnkt/1990. bentuk geometrik jalan yang diperoleh berupa alinemen horisontal dibutuhkan 3 tikungan dan alinemen vertikal didapat lengkungan cembung dan lengkungan cekung.adapun tebal lapisan pondasi bawah 100 mm, lapisan pondasi atas 150 dan lapisan permukaan 50 mm.sehingga dapat direncanakan sistem drainase yang sesuai dengan kondisi lingkungan jalan menuju bumi perkemahan. dengan mengetahui debit air aliran direncanakan dimensi saluran yang ekonomis dengan bentuk saluran trapezium.
Abstrak Indonesia
To anticipate the effect of traffic to be served with proper capacity to camp site it was needed to build a way based on the needed predict effect in long term. based on it, that was the researcher pusposed to lifting up a theme about research construction to the campsite of tarakan city. thickness of the bending strength and urban drainage systems is to gain a flexural strength thick structure, shape geomatric and urban drainagesystem used the planning method flexural strength highway thick with skbi analysis methods and design of surface drainage way no. 008/t/bnkt/1990. froms geomatric road horizontal alignement odtained in the from it takes three bends and vertical alignement obtained convex and concave curvature. there was a thick layer of foundation under 100 mm, 150 mm base layer and the surface layer 50 mm. admittedly planed so that the drainage system in accordance with the environmental condition of the road to the compsite. by knowing the water discharge flow channed economy with a trapezium shape channel.