
Karakteristik Parkir Pinggir Jalan (On Street Parking) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Yos Sudarso Kota Tarakan)
Pengarang : Muhammad Akbar
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Perkembangan kota tarakan ditandai dengan banyaknya aktivitas bisnis, perkantoraan dan komersil. dengan adanya aktivitas tersebut maka diperlukan prasarana jalan yang menghubungkan ke pusat – pusat aktivitas. pusat aktivitas di kota tarakan tersebut, antara lain terdapat di jalan yos sudarso, jalan gajah mada, jalan mulawarman, dan jalan jendral sudirman. penelitian ini bertujuan untuk mencari karakteristik parkir pinggir jalan. antara lain volume, akumulasi, tingkat pergantian, rata-rata lam parkir, kapasitas dan indeks parkir. cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder. perhitungan menggunakan acuan manual kapasitas jalan indonesia (mkji) 1997. data primer diperoleh dari penelitiaan yang dilakukan selama 7 hari (dua minggu). pada jam-jam sibuk dan dibuat dalam bentuk tabel data kendaraan dan kemudian dianalisis. untuk jalan perkotaan dipakai formulir ur-i, ur-ii dan ur-iii. dari hasil analisis yang dilakukan maka didapatkan volume parkir tertinggi pada pada tanggal 15 juli 2015 jam 06.30 – 17.30 yang dianggap mewakili hasil survei untuk nilai (lv) dan untuk nilai (mc) serta pada tanggal 13 juli 2015 untuk nilai (hv). didapatkan nilai arus total (q) = 885 smp/jam, derajat kejenuhan (ds) = 0,35, kecepatan arus bebas = 50,64 km/jam, kapasitas (c) = 2558,waktu tempuh = 0,100 /jam. tingkat pelayanan pada ruas yos sudarso tersebut dikategorikan pada tingkat pelayanan c berdasarkan mkji 1997 dengan hasil analisis data.
Abstrak Indonesia
Tarakan city development is characterized so many business activities, office complex and commercial. these activities, be required infrastructure of the roads that connect to the center of activity in the tarakan city, such as at yos sudarso street, gajah mada mulawarman and jendral sudirman. the objective of the research was to find characteristics of the roadside parking. such as volume, accumulation, turnover rate, the average lam parking, parking capacity and index. the way of the research is carried out by conducting a survery in the field to obtain primari data and secondary data. calculations using manual kapasitas jalan indonesia (mkji) 1997. the primary data obtained from research conducted for 7 day (two weeks). at rush hour, and made in the from of vehicle data table and then analyzed. urban road used to from ur-i, ur ii, and ur-iii. from the results of the analysis was conducted at the highest parking volume obtained on 15th july 2015 at 6:30 – 17:30 which is considered to represent the results of the survey to value (lv) and to the value (mc) and on 13th july 2015 to value (hv). total value free obtained f (q) = 885 smp/hour, degree of saturation (ds) = 0,35, free flow speed = 50,64 km/h, capacity (c) = 2558, travel time = 0,100/hour. the level of service at yos sudarso segments are categorized on the level of service c based mkji 1997 with the result of the data anlysis.