UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Kapasitas Jalan Simpang Tiga Bersinyal Menggunakan Manajemen Lalu Lintas (Studikasus : Simpang Tiga Jl. Yos Sudarso Dan Jl. P. Diponegoro Di Kota Tarakan)

Studi Kapasitas Jalan Simpang Tiga Bersinyal Menggunakan Manajemen Lalu Lintas (Studikasus : Simpang Tiga Jl. Yos Sudarso Dan Jl. P. Diponegoro Di Kota Tarakan)

Pengarang : Hamzah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Padatnya penduduk di kota-kota besar merupakan faktor yang menyebabkan permasalahan lalu lintas. tarakan adalah salah satu kota kecil di indonesia yang memiliki tingkat mobilitas dan kesibukan penduduk yang tinggi. oleh karena itu, kelancaran dan kemudahan arus lalu lintas adalah salah satu faktor yang mendukung hal tersebut. persimpangan merupakan jalan yang memiliki posisi penting dalam mengatur arus lalu lintas. tidak praktis dan tidak optimalnya kinerja simpang akan menimbulkan permasalahan. oleh karena itu, pengaturan kinerja simpang dan pemakaian sinyal yang optimal sangat diperlukan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi permasalahan pada persimpangan-persimpangan di kota tarakan. penelitian ini bertujuan untuk mencari kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, kendaraan terhenti, dan tundaan rata-rata pada simpang empat bersinyal tersebut. cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder. perhitungan menggunakan acuan manual kapasitas jalan indonesia (mkji) 1997 dan program excel 2010 untuk mengolah data lalu lintas. data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 10 hari. pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan dan kemudian perilaku lalu lintas simpang dapat dianalisis. untuk simpang bersinyal dipakai usig-1 - usig-5. dari hasil analisis yang dilakukan maka didapatkan pada jam16.30 – 16.45 yang dianggap mewakili hasil survei selama10 (sepuluh) hari, didapatkan nilai total simpang kapasitas (c) = 441,92 smp/jam, derajat kejenuhan ( ds) = 0,698, panjang antrian = 32 m, kendaraan terhenti = 236,71 smp/jam dan total rata-rata jumlah kendaraan terhenti = 0,613 stop/smp,dan untuk tundaan simpang rata-rata = 22,33 det/smp. tingkat pelayanan pada simpang tersebut dikategorikan pada tingkat pelayanan b berdasarkan mkji 1997 dengan kondisi lalu lintas pada simpang tiga bersinyal dan hasil analisis data

Abstrak Indonesia

Density of population in large cities is a factor that causes traffic problems. tarakan is one of a small town in indonesia, which have high levels of mobility and the busyness of high population. therefore, the smoothness and ease traffic flow is one of the factors that support it. intersection is a road which has an important position in regulating the flow of traffic. impractical and unoptimal performance of the intersection will cause problems. therefore, setting the intersection of performance and optimal use of the signal is required to regulate traffic flows to avoid problems at intersections in the city of tarakan. this study aimed to explore the capacity, degree of saturation, long queues, vehicles stalled, and the average delay at the signalized intersection. ways this research is by doing a survey in the field to obtain primary data and secondary data. calculations using the benchmark indonesian highway capacity manual (mkji) 1997 and excel 2010 program to process the data traffic. traffic data obtained from counting the number of vehicles in the field which conducted for 10 days. at rush hour and presented in tabular form, vehicle and then traffic intersection behavior can be analyzed. for signalized intersections used usig-1 -usig-5. from the results of the analysis conducted obtained on the clock 16:30 to 16:45 are considered to represent the results of the survey for 10 (ten) days, a score total intersection capacity (c) = 441.92 smp / hour, degree of saturation (ds) = 0.698, queue length = 32 m, vehicle stalled = 236.71 smp / hour and the total average number of vehicles stalled = 0.613 stop / smp, and for the average intersection delay = 22.33 sec / smp. the level of service at the intersection categorized on the level of service b based mkji 1997 with the traffic conditions at three signalized intersections and data analysis.