
Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tana Lia Dengan Model Pembelajaran Point Counterpoint
Pengarang : Sarmina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Salah satu kemampuan berbahasa adalah berbicara. kemampuan berbicara merupakan bahasa lisan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas x sman 1 tana lia dengan metode berbicara. penelitian ini dilakukan selama 7 bulan, yang telah dilakukan pada bulan januari sampai dengan bulan juli 2015. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan data berupa angka dan pencapaian kemampuan siswa dalam berbicara. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x sman 1 tana lia, yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. berdasarkan analisis data bahwa pencapaian kemampuan berbicara siswa kelas x sman 1 tana lia dapat disimpulkan dengan hasil rata-rata kelas pada siklus i adalah 64.7 dalam kriteria c dengan bobot cukup (56-70) dan hasil rata-rata kelas pada siklus ii adalah 82.4 dalam kriteria a baik sekali. hal ini terlihat dari nilai rata-rata setiap siklusnya yang mengalami peningkatan pada siklus ii.nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80 dengan kategori baik sekali sehingga mencapai kkm sekolah yaitu 75. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode point counterpoint hasil belajar siswa dalam debat mengalami peningkatan kearah yang lebih baik.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi