
Meningkatkan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Pendek Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 9 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015
Pengarang : Sarti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilaksanakan di smp negeri 9 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2014/2015 dimulai tanggal 16 maret s/d 22 april 2015, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas vii-4 smp negeri 9 tarakan dengan jumlah siswa 32 orang, objek penelitian adalah model pembelajaran stad (student team aciepement division). skripsi ini berjudul meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita pendek melalui model pembelajaran stad ( student teams achievement division ) siswa kelas vii-4 smp negeri 9 tarakan tahun ajaran 2014/2015. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus disetiap siklusnya terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita pendek melalui model pembelajaran stad (student team aciepement division). tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan menyusun teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran stad ( student teams achievement division ). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, pengamatan, angket, dan tes atau evaluasi. berdasarkan hasil analisis yang dilakukan mengenai meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita pendek melalui model pembelajaran stad siswa kelas vii-4 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampialan menyusun teks cerita pendek. hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus i sebesar 59 % meningkat menjadi 84% pada siklus ii. sedangkan hasil observasi keaktifan guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai 66% dengan kategori cukup pada siklus i meningkat menjadi 88% dengan kategori baik pada siklus ii sedangkan hasil angket menunjukka rata-rata siswa menjawab ya 67% pada siklus i meningkat menjadi 86% pada siklus ii. maka diperoleh sebuah kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran stad (student team aciepement division) dapat meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita pendek di kelas vii-4 smp negeri 9 tarakan.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi