
Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Hashim
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas vii-3 smp negeri 9 tarakan. penelitian ini dilakukan selama 9 hari, yang dilaksanakan pada 27 mei sampai 5 juni 2015. penelitian ini merupakan penelitian kelas, yaitu penelitian yang mencoba mewujudkan keingintahuan peneliti secara utuh mengenai kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. yaitu data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, jumlah siswa adalah sebanyak 33 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. berdasarkan rumusan masalah, hasil serta pembahasan yang dilakukan peneliti bahwa siswa kelas vii-3 smp negeri 9 tarakan tahun pembelajaran 2014/2015 berdasarkan aspek yang diamati dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas vii-3 smp negeri 9 tarakan termasuk dalam kategori baik (b). hal ini ditunjukkan dari nilai pencapaian pada tiap aspek yang dianalisis. aspek yang pertama yaitu judul dengan nilai 93.30, aspek yang kedua yaitu pengembangan paragraf (isi) dengan nilai 88.60, aspek yang ketiga kesatupaduan (kekoherensian) dengan nilai 78.00, aspek yang keempat keterpautan (kekohesifan) dan yang kelima ejaan dan tanda baca sama-sama dengan nilai 77.20. siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 85100 ada 19 orang dengan persentase 57.6% berada dalam kategori baik sekali. siswa yang berada dalam rentang 70-84 terdapat 14 orang siswa dengan persentase 47.4% berada dalam kategori baik. selanjutnya berdasarkan nilai hasil ketuntasan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi berdasarkan nilai kkm yaitu 76.00 pada siswa kelas vii-3 smp negeri 9 tarakan dapat dinyatakan tuntas sebanyak 26 orang siswa karena, telah mencapai ?76.00 dengan persentase 78.70%. serta dinyatakan tidak tuntas sebanyak 7 orang siswa karena, tidak mencapai ?76.00 dengan persentase 21.20%. berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa siswa kelas vii-3 smp negeri 9 tarakan telah mampu dalam menulis karangan eksposisi dengan baik. hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 83.03% pada kriteria baik dengan bobot b (70-84). namun ada aspek yang harus ditingkatkan pada siswa kelas vii-3 smp negeri 9 tarakan karena aspek tersebut adalah yang terendah dan mempengaruhi tidak maksimalnya hasil pembelajaran yaitu aspek keterpautan (kekohesifan) dan ejaan dan tanda baca.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi