UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan

Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Asri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita dengan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas viii mts negeri tarakan. penelitian ini menarik untuk dilakukan karena; yaitu: (1) sebuah pendekatan yang dapat diaplikasikan oleh guru dalam memberikan pengalaman dan mengupayakan pengembangan kreativitas siswa. (2) siswa belajar memecahkan permasalahan di dunia nyata dan menanamkan karkater tanggung jawab pada diri siswa. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu; jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan hitungan data berupa angka untuk mengukur tingkat kemampuan menulis teks berita dengan pengamatan objek di lingkungan sekolah siswa mts negeri tarakan. penyajian data dalam penulisan skripsi ini adalah data kuantitaif kontinyu. data kuantitatif kontinyu adalah data berbentuk bilangan yang diperoleh dari hasil pengukuran berupa nilai tes kemampuan menulis teks berita siswa dengan pengamatan objek di lingkungan kelas viii-a mts negeri tarakan. teknik yang digunakan adalah teknik pengukuran yaitu mengukur kemampuan menulis teks berita, kemudian data yang digunakan oleh peneliti sebanyak 6 (enam) teks berita atau (6) enam kelompok siswa kelas viii-a mts negeri tarakan. berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas viii mts negeri tarakan memperoleh nilai yang cukup memuaskan. seluruh siswa kelas viii-a yang dibagi menjadi enam kelompok yang terdiri dari 3 (tiga) kelompok narasumber dan 3 (tiga) kelompok jurnalis. pada dasarnya siswa mampu memahami konsep 5w+1h, namun dari ketujuh aspek penilaian terdapat 1 (satu) aspek yang paling lemah di antara aspek yang lainnya. siswa memiliki kelemahan dalam penulisan ejaan yang baik dan benar. skor akhir siswa menujukkan siswa mampu dengan persentase sebagai berikut; kode responden kelompok 1 adalah 30 dengan persentase sebesar 86%. kriteria baik sekali dengan bobot a (85-100). kode responden kelompok 2 adalah 29 dengan persentase sebesar 83%. kriteria baik dengan bobot b (75-84). kode responden kelompok 3 adalah 31 dengan persentase sebesar 88%. kriteria baik sekali dengan bobot a (85-100). kode responden kelompok 4 adalah 31 dengan persentase sebesar 88%. kriteria baik sekali dengan bobot a (85-100). kode responden kelompok 5 adalah 31 dengan persentase sebesar 88%. kriteria baik sekali dengan bobot a (85-100). kode responden kelompok 6 adalah 17 dengan persentase sebesar 48%. kriteria kurang dengan bobot d (40-59). rata-rata keseluruhan untuk kemampuan teks menulis siswa kelas viii-a adalah 83%, kriteria baik dengan bobot b (75-84).

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi