
Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Andai Seragam Bisa Bicara Pada Siswa Kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Sri Lestari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas xi mia 2 madrasah aliyah negeri tarakan dalam menulis teks ulasan dengan media film andai seragam bisa bicara. menulis teks ulasan ini menarik untuk dilakukan karena menulis memberikan manfaaat untuk siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. yaitu, penelitian mengenai fakta-fakta yang ingin diketahui dengan menggunakan data berupa angka dan menggambarkan hasil pencapaian kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan pada film. sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, jumlah siswa adalah sebanyak 35 orang siswa, yang terdiri 23 orang siswa perempuan, dan 12 orang siswa laki-laki. 7 (tujuh) aspek yang dinilai dalam menulis teks ulasan, yaitu (1) kreativitas pengembangan tulisan, (2) ketepatan urutan cerita, (3) kelengkapan informasi, (4) struktur alur, (5) pemilihan kata, (6) penulisan kalimat, (7) penulisan ejaan. hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan menulis teks ulasan film andai seragam bisa bicara pada siswa kelas xi mia 2 madrasah aliyah negeri tarakan adalah baik. hal ini dibuktikan dengan penjelasan untuk indikator pertama dengan jumlah aspek penilaian 8,71 dengan persentase 87,1%, untuk indikator kedua dengan jumlah aspek penilaian 15,3 dengan persentase 76,5%, untuk indkator ketiga dengan jumlah aspek penilaian 11,5 dengan persentase 76,6%, untuk indikator keempat dengan jumlah aspek penilaian 15,1 dengan persentase 75,5%, untuk indikator kelima dengan jumlah aspek penilaian 8,74 dengan persentase 87,4%, untuk indikator dengan jumlah aspek penilaian 11,3 dengan persentase 75,3%, dan untuk indikator ketujuh dengan jumlah aspek penilaian 8,51 dengan persentase 85,1%. kemudian berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks ulasan film andai seragam bisa bicara pada siswa kelas xi mia 2 madrasah aliyah negeri tarakan menggambarkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan siswa adalah baik, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata- rata kelas 79,2% pada kriteria baik dengan bobot b (66-79).
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi