
Error Analysis In Writing Recount Text For The Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 3 Tarakan In Academic Year 2014/2015
Pengarang : Melty Marthen
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis errors dan jenis error yang paling banyak dibuat oleh siswa-siswi kelas sebelas sma negeri 3 tarakan di tulisan teks recount bahasa inggris. subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas xi ipa 1 sma negeri 3tarakan yang diminta untuk menulis sebuah teks recount. teks recount terdiri atas tiga bagian yaitu latar atau orientasi, peristiwa dan orientasi kembali. alokasi waktu menulis bagi para siswa adalah 80 menit. dari tulisan para siswa yang telah diperoleh, kesalahan kalimat-kalimat para siswa dibedakan kesalahan kalimatnya antara kalimat mistakes dan kalimat errors dengan melakukan wawancara, diidentifikasi kesalahannya, kalimat-kalimat errors kemudian diklasifikasikan ke dalam jenis-jenis kesalahan, dan ditentukan frekuensi kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa-siswi sma negeri 3 tarakan. jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa-siswi kelas xi ipa 1 sma negeri 3 tarakan adalah kesalahan omission, kesalahan addition, kesalahan misformation dan kesalahan misordering. jenis kesalahan yang paling banyak dibuat oleh siswa-siswi kelas xi ipa 1 sma negeri 3 tarakan adalah kesalahan misformation (33.1%).
Abstrak Indonesia
This is a descriptive qualitative research. the objectives of this research were to determine the types of errors and the type of error that mostly made by the eleventh grade students of sma negeri 3 tarakan in academic year 2014/2015 in writing recount text. the subject of this research were the students from class xi ipa 1 of sma negeri 3 tarakan. they were asked to write a recount text. a recount text consists of three parts; they are the setting or orientation, events, and re-orientation. the time allocation for the students to write was 80 minutes. based on the students’ writings, the students’ sentences failures were differentiated from the students’ mistakes sentences and the students’ errors sentences by doing interview, the errors sentences were identified, classified into types of errors and counted the percentage frequency to know the type of error that was mostly made by the xi ipa 1 students of sma negeri 3 tarakan. the types of errors made by the xi ipa 1 students of sma negeri 3 tarakan were omission errors, addition errors, misformation errors and misordering errors. the type of the mostly error that the students’ class xi ipa 1 of sma negeri 3 tarakan made was misformation errors (33.1%).