UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Proposed English Syllabus For Students Of Economic Development Of Economics Faculty At Borneo University Tarakan

A Proposed English Syllabus For Students Of Economic Development Of Economics Faculty At Borneo University Tarakan

Pengarang : Sukma Wardani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus bahasa inggris untuk mahasiswa ekonomi pembangunan fakultas ekonomi di universitas borneo tarakan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. silabus bahasa inggris tersebut juga dikembangkan dengan tujuan untuk membantu dosen serta mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar bahasa inggris. penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. ada beberapa tahapan untuk pengembangan silabus bahasa inggris meliputi analisis kebutuhan, prosedur mendesain pengembangan silabus bahasa inggris, validasi ahli, evaluasi dan revisi, uji coba produk, evaluasi dan revisi serta hasil akhir. jumlah subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 35 orang mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi di universitas borneo tarakan. aspek-aspek pengembangan silabus bahasa inggris mencangkup (1) identitas mata kuliah, (2) kompetensi standar, (3) kompetensi dasar, (4) topik, (5) indikator, (6) materi pembelajaran, (7) aktivitas belajar dan mengajar, (8) penilaian, (9) alokasi waktu, dan (10) sumber/media. dalam mengembangkan silabus bahasa inggris, isi dari pemilihan topik dan penggunaan bahasa dalam silabus bahasa inggris terlebih dahulu divalidasi oleh dua ahli. hal ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian silabus, sampel materi dan penggunaan bahasa untuk mahasiswa ekonomi pembangunan fakultas ekonomi di universitas borneo tarakan. materi-materi di dalam silabus bahasa inggris yang telah divalidasi oleh para ahli kemudian diajarkan kepada mahasiswa ekonomi pembangunan fakultas ekonomi di universitas borneo tarakan dalam sesi uji coba product. tahapan ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan silabus bahasa inggris yang dikembangkan. produk akhir dari penelitian ini adalah seperangkat silabus bahasa inggris untuk mahasiswa ekonomi pembangunan di universitas borneo tarakan berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa inggris mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi di universitas borneo tarakan

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to develop a specific english syllabus for students of economic development of economics faculty at borneo university tarakan based on students’ needs. the syllabus was also developed to help the lecturer and the students in teaching and learning english process. the research design in this research was research and development (r&d) design. there were some stages to develop the english syllabus such as need analysis, procedures in english syllabus development, expert validation, evaluation and revision, try out the product, evaluation and revision and final product. the total subject of this research was 35 students from economic development of economics faculty at borneo university tarakan. the aspects of developing the english syllabus were (1) course identity, (2) standard competence, (3) basic competence, (4) topics, (5) indicators, (6) learning materials, (7) teaching and learning activities, (8) assessment, (9) time allocation, and (10) sources/media. in developing the english syllabus, contents of topic and language use in the product were validated by two experts. it was intended to find out whether or not the contents of topic and language form are appropriate to the students of economic development of economics faculty at borneo university tarakan. the sample materials in english syllabus which had been validated by the two experts then taught to the students in try out session. this stage was done to know the effectiveness of the english syllabus. the final product of this research was a set of an english syllabus for students of economic development of economics faculty at borneo university tarakan based on students’ needs which aim to emphasize the students’ language skills.