
Error Analysis On Writing Procedure Text Made By The Eleventh Grade Students Of Madrasah Aliyah Negeri Tarakan In Academic Year 2014/2015
Pengarang : Ria Savitri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis errors dan jenis error yang paling banyak dibuat oleh siswa-siswi kelas sebelas madrasah aliyah negeri tarakan di tulisan teks prosedur bahasa inggris. subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas xi ips 3 madrasah aliyah negeri tarakan yang ditugaskan untuk menulis sebuah teks posedur. di dalam sebuah teks posedur terdapat tujuan dari penulisan teks sebagai judul, bahan-bahan yang diperlukan untuk prosedur tertentu dan cara atau langkah-langkah membuat prosedur tertentu. alokasi waktu menulis bagi para siswa adalah 75 menit. dari tulisan para siswa yang telah diperoleh, dibedakan kesalahan kalimatnya antara kalimat mistakes dan kalimat errors, diidentifikasi kesalahannya, kemudian diklasifikasikan ke dalam jenis-jenis kesalahan, dan ditentukan frekuensi kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa-siswi madrasah aliyah negeri tarakan. jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa-siswi kelas xi ips 3 madrasah aliyah negeri tarakan adalah kesalahan omission, kesalahan addition, kesalahan misformation dan kesalahan misordering. kesalahan omission terdapat pada bagian tanda baca, kata yang hilang, menyambung kalimat, kata depan, kata penghubung, kata sandang dan tambahkan peralihan. kesalahan addition terdapat pada bagian tanda baca, kata yang tidak diperlukan, kata depan, kata penghubung dan kata sandang. kesalahan misformation terdapat pada bagian tanda baca, huruf kapital, bentuk kata kerja, persetujuan subjek dan kata kerja, ejaan, tunggal atau jamak, kesalahan bentuk kata, kesalahan kata, kesalahan kata ganti acuan, tidak sejalan, kata depan dan kata sandang. kesalahan misordering terdapat pada bagian kesalahan susunan kata. jenis kesalahan yang paling banyak dibuat oleh siswa-siswi kelas xi ips 3 madrasah aliyah negeri tarakan adalah kesalahan omission (39.7%).
Abstrak Indonesia
This is a descriptive qualitative research. the objectives of this research were to find out the kinds of errors and the error that mostly made by the eleventh grade students of madrasah aliyah negeri tarakan in procedure text writing. the subjects of this research were the students from class xi ips 3 of madrasah aliyah negeri tarakan. they were assigned to write a procedure text. a procedure text consists of the goal of the writing as the title, the materials needed to conduct a particular procedure and the way or the steps to conduct the procedure. the time allocation for the students to write was 75 minutes. based on the students’ writings, the sentences were differentiated from the students’ mistakes sentences and the students’ errors sentences, the sentences were also identified, classified into kinds of errors and counted the percentage frequency to know the kind of error that was mostly made by the xi ips 3 students of madrasah aliyah negeri tarakan. the kinds of errors made by the xi ips 3 students of madrasah aliyah negeri tarakan were omission errors, addition errors, misformation errors and misordering errors. omission errors occurred in the punctuation, missing word, run on sentence, preposition, conjunction, article and add a transition parts. addition errors occurred in the punctuation, unnecessary word, preposition, conjunction and article parts. misformation errors occurred in the punctuation, capitalization, verb tense, subject-verb agreement, spelling, singular or plural, wrong word form, wrong word, pronoun reference error, not parallel, preposition and article parts. misordering errors occurred in the wrong word order part. the kind of error that the students’ class xi ips 3 of madrasah aliyah negeri tarakan mostly made was omission errors (39.7%).