
Improving The Students’ Writing Skill On Recount Text Through Picture And Picture Learning Model At The Second Grade Of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Sunarti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan di smp muhammadiyah i tarakan pada bulan oktober tanggal 8 oktober sampai 23 oktober 2013. subjek penelitian ini yaitu siswa kelas viii-b smp muhammadiyah 1 tarakan yang terdiri dari 25 siswa sebagai sampelnya.penelitian ini dilakukan dalam dua siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.peneliti menggunakan lembar pengamatan untuk mengambil data dari aktivitas guru dan siswa dikelas dan tes menulis dengan menggunakan rubrik penilaian menulis yang telah disiapkan oleh peneliti untuk mengetahui kemampuan menulis siswa. didalam penelitian ini, guru bahasa inggris bertindak sebagi guru, beliau mengajarkan materi yang telah disiapkan yaitu menulis recount teks dengan menggunakan model pembelajaran yaitu picture and picture. sementara peneliti sendiri bertindak sebagi observer atau pengamat dan mengamati kegiatan guru dan siswa selama kegiatan belajar dan mengajar berlangsung di dalam kelas. penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik dan penggunaan model pembelajaran picture and picture mempengaruhi antusias siswa, pada siklus pertama ada 16 atau 64% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 20 atau 80 % siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. jadi bisa disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis recount teks menggunakan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan mengunakan model pembelajaran khususnya picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks recount. berdasarkan hal tersebut disarankan kepada guru bahasa inggris untuk menggunakan model pembelajaran picture and picture sebagai media dalam mengajar untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis, terutama menulis recount teks.
Abstrak Indonesia
The research design which used in this research is class action research. this research located on smp muhammadiyah i tarakan from october 8 2013. the subject of this research was the students of class viii-b smp muhammadiyah 1 tarakan consisting of 25 students as the sample. the research was conducted in two cycles starting from planning, implementation, observation and reflection.the researcher used observation sheets,to take imformation from the activities of teacher and studentsin the classroom and writing test using writing rubrichas been prepared by the researchers to know the students' . in this research, the english teacher acted as a teacher. the teacher taught the material that has been prepared is writing recount text using a picture and picture learning model. meanwhile, the researcher acted as an observer. the researcher observed whole of teacher and students’ activities during teaching learning process. the findings of this research showed that results of observations for teacher and students activity good in both categories and the use of picture and picture learning model affects the enthusiasm of students, in the first cycle, there are 16 or 64% of students achieve a minimum completeness criteria then in the second cycle increased to 20 or 80% of students reached minimum completeness criteria. based on the findings, it can be concluded teaching by using a model oflearning, especially picture and picturec an improve students' writing skill especially in the teaching wrtiting recount text. it also suggested to the english teachertouse a learning model picture and picture as a media in teaching to enhance students' interests and abilities in writing, especially writing recount text.