
The Profile Of English Computer Based Test (CBT) Result Of The Senior High Schools In Tarakan
Pengarang : Vicke Febriany Andretta Kule
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil dari hasil ujian nasional berbasis komputer (unbk) mata pelajaran bahasa inggris yang dilaksanakan di sekolah menengah atas (sma) tarakan dan mengetahui perbedaan antara hasil unbk dengan ujian sekolah. selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil unbk terhadap status sekolah (negeri dan swasta) dan perbedaan hasil unbk pada siswa laki – laki dan perempuan. sampel diambil sebanyak 708 siswa dari 4 (empat) sma di kota tarakan dengan menggunakan purposive stratified random sampling. sekolah yang menjadi sampel penelitian adalah sman 1 tarakan, sman 2 tarakan, sma frater don bosco, dan smak tunas kasih tarakan. selain data nilai, kuisinoer juga diberikan kepada guru mata pelajaran bahasa inggris sebagai data pendukung. hasil penelitian mengenai profil hasil unbk mata pelajaran bahasa inggris di sma tarakan: (1) ada perbedaan antara hasil unbk dengan ujian sekolah pada siswa sma tarakan (2) tidak terdapat perbedaan antara hasil unbk dengan status sekolah (negeri dan swasta) (3) tidak terdapat perbedaan antara hasil unbk pada siswa laki – laki dan perempuan. hasil uji wilcoxon spss menyatakan bahwa hasil unbk dengan ujian sekolah dengan signifikan 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan. sedangkan untuk uji mann-whitney spss menyatakan bahwa hasil unbk terhadap siswa laki – laki dan perempuan sebesar 0,105 > 0,05 serta status sekolah sebesar 0,915 > 0.05 yaitu tidak terdapat perbedaan.
Abstrak Indonesia
The objectives of this research are to know the profile of english computer based test (cbt) in senior high school tarakan and to know the difference result between cbt and local test. besides that, these research as purpose to know the differences between cbt and school status (public and private) also the differences between cbtt and gender (male and female). the total sample was 708 students from 4 (four) senior high schools in tarakan by using purposive stratified random sampling. the four schools are sman 1 tarakan, sman 2 tarakan, sma frater don bosco, and smak tunas kasih tarakan. besides the answer sheets, the english teachers are given a questionnaire as supporting data. the result of profile english computer based test (cbt) in senior high school tarakan: (1) there is a significant difference between cbt and local test in senior high schools tarakan (2) there is no any significant difference between cbt and the school status (public and private) (3) there is no any significant difference between cbt and gender (male and female). the result of wilcoxon test by using spss stated that the result of cbt and local test with assym. sig 0,000 < 0,05 mean that there is a significant difference. while by using mann-whitney test in spss the result of cbt and gender (male and female) as 0,105 > 0,05 also school status (public and private) as 0,915 > 0.05 mean that there is no significant difference.