UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving Students’ Speaking Ability Through Role Play Type Of Cooperative Learning Model With Audio Visual Media For First Grade Students On SMKN 2 Tarakan

Improving Students’ Speaking Ability Through Role Play Type Of Cooperative Learning Model With Audio Visual Media For First Grade Students On SMKN 2 Tarakan

Pengarang : Arya Al-Akbar

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pencapaian siswa dalam berbicara melalui strategi bermain peran dengan media audiovisual di kelas x smkn 2 tarakan. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dimana peneliti dan guru kolaborasi merancang rpp, melakukan tindakan, mengobservasi dan merefleksi tindakan bersama. subjek penelitian ini adalah kelas x smkn 2 tarakan pada tahun pembelajaran 2015/2016. peneliti melakukan penelitian dalam satu siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah tes lisan dan observasi. untuk menganalisis data kuantitatif peneliti menggunakan deskripsi kuantitatif, hal ini untuk menunjukan hasil dari penelitian ke dalam bentuk penjelasan deskriptif, data didapat dari observasi. analisis statistik digunakan untuk menganalisis data tentang peningkatan dari pencapaian siswa dalam berbicara, data didapat dari tes lisan. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bermain peran dengan media audio visual dalam proses pembelajaran meningkatkan pencapaian siswa dalam berbicara. persentase dari aktivitas guru yaitu 72.5% dan persentase dari aktivitas siswa yaitu 86%. sedangkan dari hasil berbicara siswa yaitu 75% atau 24 siswa yang lulus dari kkm. hasil temuan dari penelitian ini menunjukan peningkatan pencapaian siswa dalam berbicara menggunakan strategi bermain peran dengan media audio visual telah berhasil.ini dapat membantu siswa dalam membuat dan menyusun ide dalam kelompok karena siswa memiliki banyak kesempatan untuk berbagi dan berdiskusi dengan kelompok mereka tentang ide yang akan diperankan dengan begitu keterampilan berbicara siswa akan bertambah baik.

Abstrak Indonesia

The objective of the research was to improve students’ speaking through roleplay with audio visual media for first grade students of smkn 2 tarakan. this study is classroom action research (car) in which the researcher and the teacher designed the lesson plan, action, observed and reflected the action together. the subject of this study were smkn 2 tarakan in the academic year of 2015/2016. the researcher conducted the research in one cycle consisted of four steps: planning, action, observation and reflection. the instruments used to collect data are performance test and observation. to analyze quantitative data the researcher applied a descriptive quantitative, it is to present the result of research in the form of descriptive explanation, the data was obtained from observation. statistic analysis is used to analyze the data about the improvement of students’ ability in speaking, the data was obtained from performance test. the result showed that the roleplay with audio visual media strategy on the learning process improved the students’ speaking ability. the percentage from teacher's activity was 72.5% and from students' activity was 86%. while the students’ speaking score was 75% or 24 students who pass the minimum passing grade. the findings of this research reveal the improvement of students’ speaking ability using roleplay with audio visual media is successful. it helps students in generating and organizing ideas in group because students have many chances to share and practice speaking with their group so that students speaking will be better.