
Improving The Students’ Reading Comprehension On Narrative Text Through Listen-Read-Discuss (L-R-D) Strategy At Tenth Grade Students Of SMKN 2 Tarakan.
Pengarang : Arniriyanti Arwin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif melalui strategy listen-read-discuss. sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas x jurusan otomotif smkn 2 tarakan yang terdiri dari 33 siswa. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan mei sampai dengan juni 2015. di dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru. pada penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian sebanyak 1 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan. kemudian berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama tindakan, siswa sudah menunjukan peningkatan pemahaman membaca mereka. hasil dari tindakan menunjukan bahwa setelah peneliti melakukan tindakan, pemahaman membaca teks naratif siswa meningkat sebagaimana yang ditunjukan pada hasil tes mereka. kriteria keberhasilan pada penelitian didasarkan pada criteria ketuntasan minimum yang ditentukan oleh sekolah adalah >2,66, penelitian ini berhasil apabila didalam kelas ada 75% siswa yang lulus dalam pelajaran tersebut. berdasarkan hasil pada siklus ditemukan bahwa ada 28 siswa yang berhasil atau 85% yang telah berhasil. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman membaca teks naratif siswa melaui strategi listen-read-discuss meningkat.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to improve students’ reading comprehension on narrative text through l-r-d strategy. related to the purpose of the research, the research design which used in this study was class action research. the subject of the research was students of class x automotive program of smkn 2 tarakan consisting of 33 students. the action research was conducted from may to june 2015. in this research was as the teacher. the researcher conducted one cycle, one cycle consisted two meeting of action research. then, based on the result of observation, it was found that during the study, the students have showed their improvement. the result of the study showed that after the research was conducted, the students’ reading comprehension on narrative text could be improve as shown in the result of their test result. the criteria of success of this research depend on the minimum score of the school that have been determined. it was >2,66 and the research would be successful if in the class there were 75% of the students have passed minimum score. based on the result in the cycle, it was found that 28 or 85% students succeeded. therefore, it can be concluded that students’ reading comprehension on narrative text can be improved through l-r-d strategy.