
The Effectiveness Of Using Hurry Up Lif It Up Game For The Students’ Writing Ability In Recount Text For The Second Grade Students At SMK N 1 Tarakan In Academic Year 2014/ 2015
Pengarang : Artikah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan permainan hurry up lit it up dan metode diskusi dalam meningkatkan nilai tulisan siswa dalam teks recount. penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental. populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas xi di smk negeri 1 tarakan. jumlah populasi adalah 9 kelas. penentuan sampel dengan cara teknik cluster random sampling. ada dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. mereka adalah kelas kontrol dan kelas treatment. kelas xi pemasaran 1 sebagai kelas treatment dan kelas xi akutansi 2 sebagai kelas kontrol. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, dimana masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan posttest. pada tahap pretest siswa diminta untuk menulis sebuah teks recount. setelah pretest, peneliti memberikan treatment. kelas treatment diajarkan menggunakan permainan hurry up lif it up dan kelas kontrol diajarkan menggunakan metode diskusi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari nilai siswa antara kelas treatment dan kelas kontrol. ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari control class dalam pretest adalah 51,90 dan hasil posttest adalah 77,10. ini berarti pada control class terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 25,2. hasil nilai siswa dari treatment class pada pretest adalah 43,67 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 72,23. ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa pada treatment class sebesar 28,56. hal ini menunjukkan bahwa kelas treatment memiliki peningkatan nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. selisih peningkatan nilai rata-rata antara kelas treatment dan kelas kontrol adalah 3,36 poin. dari hasil analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan dari nilai menulis siswa antara kelas treatment dan kelas kontrol. independent test telah dianalisis menggunakan spss version 20.0. berdasarkan keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan hurry up lif it up lebih efektif dari menggunakan metode diskusi.
Abstrak Indonesia
The research objective was to investigate whether there was any significant difference between the students who were taught using hurry up lif it up game and those who were taught by using discussion method in learning recount text. this research used quasi experimental design. the population in this research is all of class eleventh at smkn 1 tarakan. the population number are 9 classes. the class defide by using cluster random sampling technique. there are two classes as sample in this research. they are treatment class and control class. class xi pemasaran 1 as treatment class and xi akutansi 2 as control class. each class consists of 30 students. the steps in this research were pretest, treatment, and posttest. in the pretest the students were asked to write a recount text. after gave pretest, the researcher gave treatment. treatment class was taught by using hurry up lif it up game and control class was taught by using discussion method. after gave the treatment, the next step was posttest. the researcher gave posttest to the students with same question such as in the pretest. the research result showed that there was different mean score between treatment class and control class. it was proven by the result of the students’ mean score from control class in the pretest is 51,90 and in the posttest is 77,10. it meant that the improvement of the students’ mean score in control class was 25,2. the result of the students’ mean score from treatment class in the pretest was 43,67 and in the posttest was 72,23. it meant that the improvement of the students’ mean score in treatment class was 28,56. it showed that the improvement of the students’mean score in treatment class was higher than control class. the gain of the students‘ improvement mean score was 3,36 point. from the data analysis, it indicates that there is significant different from the students’ writing score. the independent test analyzed by using spss version 20,0. based on the explanation above, it can be concluded that using hurry up lif it up game is more effective than using discussion method