UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Strategi Pemasaran Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Di UPTD. KPH KPN (Koperasi Pegawai Negeri) Wana Harapan Bersama Kota Tarakan

Analisis Strategi Pemasaran Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Di UPTD. KPH KPN (Koperasi Pegawai Negeri) Wana Harapan Bersama Kota Tarakan

Pengarang : Riska Wati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kota tarakan memiliki lahan yang berpotensi ditanami tanaman kayu putih, beberapa kelompok tani di tarakan sudah mulai mengembangkan tanaman ini dan terus dibina dan dipantau oleh kpn (koperasi pegawai negeri) wana harapan bersama. potensi dan khasiat yang baik dari minyak kayu putih tersebut menjadi peluang bagi para petani binaan kpn wana harapan bersama tarakan untuk mengembangkan agroindustri minyak kayu putih di beberapa hutan kota dan lindung yang ada di kota tarakan. tanaman kayu putih dapat tumbuh dengan baik di kota tarakan dan untuk memproduksinya hanya membutuhkan daun dan ranting pohon sehingga kelestariaan hutan tetap terjaga. adapun salah satu jenis produk yang dihasilkan yaitu minyak kayu putih cap “burung kenawai”. tujuan penelitian adalah mengetahui saluran pemasaran yang digunakan dalam pemasaran minyak kayu putih cap burung kenawai di kota tarakan, mengetahui swot kpn wana harapan bersama agroindustri minyak kayu putih di kota tarakan, mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada kpn wana harapan bersama tarakan. teknik penentuan sampel menggunakan snowball sampling. data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri data primer dan data sekunder. hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa kpn (kopersai pegawai negeri) wana harapan bersama menggunakan 2 saluran pemasaran yaitu saluran i: produsen kpn wana harapan bersama – konsumen saluran 2: produsen kpn wana harapan bersama – pengecer (kumkm center) – konsumen. kedua, kpn wana harapan bersama memiliki faktor internal kekuatan yaitu minyak kayu putih cap burung kenawai memiliki kualitas yang baik sedangkan kelemahannya yaitu harga produk yang mahal peluangnya hampir semua lokasi di tarakan mudah diakses dan ancamannya yaitu pesaing baru yang bergerak pada bidang yang sama. adapun strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan minyak kayu putih cap burung kenawai yaitu menggunakan strategi so yaitu berusaha untuk mempertahankan kualitas produk dan juga melakukan serta perbaikan layanan guna peningkatan kedekatan dengan pelanggan dan peningkatan lotalitas pelanggan. kata kunci: minyak kayu putih, strategi pemasaran, swot

Abstrak Indonesia

Tarakan has a potential land that can be planted with eucalyptus tree, some farmer groups in tarakan have started to develop this pland and continue to be nurtured and monitored by kpn (civil servant cooperation)of wana harapan bersama. the potential benefif of eucalyptus oil is an opportunity for the farmer to develop eucalyptus oil as an agro-industry in several protected forests in tarakan. eucalyptus plant can grow verry well in which is tree leaves and branches are used to produce for oil so that the forest sustainability is maintained. one type of product produced is eucalyptus oil of "burung kenawai" trademark. this research objectives were : (1)nto determine the marketing channels to promote eucalyptus oil of burung kenawai in tarakan. (2) to know the swot of kpn wana harapan bersama in eucalyptus oil agro-industry in tarakan, and (3) to know and analyze the most appropriate strategies used in increasing sales volume at kpn wana harapan bersama tarakan. snowball sampling was chosen as a sampling tecnique. the data used in this research showed that : first kpn (civil servant cooperation) wana harapan bersama used marketing channels, namely channel 1: kpn wana harapan bersama producer - retailer (kumkm center) - consumers, second, kpn wana harapan bersama had in internal strenght factor in which eucalyptus oil of burung kenawai trademark had a good quality was that the new competitors were also angaged in the same field. bhird, an appropriate strategi which was by maintaining product quality ang making service improvement in order to increase closeness to customers and increase customer loyality. keyword: eucalyptus oil, marketing strategi, swot