
A Proposed Poster Of Future Continuous Tense As Learning Media For Tenth Grade Students At SMK Negeri 3 Tarakan In Academic Year 2016/2017
Pengarang : Rian Padjeriansyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk kelas x smk negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (r&d). khususnya menggunakan model addie, ada 5 langkah utama yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. ini dimodifikasi berdasarkan kebutuhan peneliti terdiri dari analisis, desaian, pengembangan, evaluasi (revisi) dan implementasi. data dikumpulkan menggunakan analisis dokumen, kuisioner dan wawancara. penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 11 agustus 2016 – 24 september 2016. subjek penelitian ini adalah siswa kelas x smk negeri 3 tarakan terdiri dari 194 siswa. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil mengembangkan produk berupa poster future continuous tense sebagai media pembelajaran untuk kelas x smk negeri 3 tarakan. kemudian, poster divalidasi oleh ahli desain, isi dan bahasa. kualitas poster dari ahli desain adalah baik, dari ahli konten adalah baik sesuai dengan sk/kd dan terakhir dari ahli bahasa adalah baik. respon siswa terhadap media poster adalah baik, siswa tertarik di dalam pembelajaran bahasa inggris dengan media poster. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajuan poster future continuous tense sebagai media pembelajaran untuk kelas x smk negeri 3 tarakan dapat meningkatkan ketertarikan siswa, mudah dalam memahami materi di dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya tenses.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to develop poster as learning media for tenth grade students at smk negeri tarakan. kind of this research used research and development (r&d), especially used addie’s model. there are five main stages which consist of analysis, design, develop, implement and evaluation. it modified based on the researcher’s needs such as analysis, design, develop, evaluate (revision) and implement. the data were collect by using document analysis, questionnaire and interview. this research was conducted on august 11 th - september 24th. the subject of this research was the tenth grade students at smk negeri 3 tarakan which consisted of 194 students. the result of this research showed that has successfully developed product in the form poster of future continuous tense as learning media english for tenth grade students at smk negeri 3 tarakan. then, the poster was validated by the expert of design, content and language. the quality of poster from design expert is good, from the content expert is good which appropriated sk/kd and the last from language expert is good. the students’ feedback to the poster media is good, the student is interesting in learning english with the poster media. it could be concluded that a proposed poster of future continuous tense as learning media for tenth grade students at smk negeri 3 tarakan can improve students’ interest, easy to understand the material in learning english especially tenses.