
The Correlation Between Learning Style And Reading Comprehension At The Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Masihubnu Maryam
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar yang paling dominan di sma negeri 2 tarakan dan mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan pemahaman membaca siswa pada siswa kelas sebelas di sma negeri 2 tarakan. gaya belajar diidentifikasi berdasarkan kuesioner dan wawancara, sedangkan pemahaman membaca siswa diukur dengan soal pilihan ganda. sampel diambil sebanyak 65 orang siswa dari 259 siswa kelas sebelas di sma negeri 2 tarakan dengan menggunakan teknik purposive sampling. terdapat 27 siswa (41.5%) yang memiliki gaya belajar visual, 25 siswa (38.5%) yang memiliki gaya belajar auditori, dan 13 siswa (20%) yang memiliki gaya belajar kinestetik. hasil penelitian mengenai hubungan antara gaya belajar dan pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas di sma negeri 2 tarakan: (1) gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah gaya belajar visual, (2) tidak ada hubungan signifikan antara gaya belajar dan pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas di sma negeri 2 tarakan.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to know the dominant learning style at the eleventh grade students of sma negeri 2 tarakan and to investigate is there any correlation between students’ learning style and students’ reading comprehension at the eleventh grade students at the eleventh grade students of sma negeri 2 tarakan. learning style identified by the questionnaire and interview, while reading comprehension measured by the multiple choice test. the total sample was 65 students from 259 students at the eleventh grade by purposive sampling technique. there were 27 (41.5%) has visual learning style, 25 students (38.5%) has auditory learning style and 13 students (20%) has kinesthetic learning style. the result of the research about the correlation between learning style and reading comprehension at the eleventh grade students of sma negeri 2 tarakan: (1) the most learning style used by the students was visual learning style, (2) there was no significant correlation between learning style and reading comprehension at the eleventh grade students of sma negeri 2 tarakan.