
The Effectiveness Of Using Mind Mapping Technique In Teaching Writing Recount Text At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Melda Pare
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan teknik mind mapping dalam meningkatkan nilai writing siswa dalam jenis teks recount pada siswa kelas viii smp negeri 6 tarakan tahun akademik 2015/2016. subjek penelitian ini terdiri dari 50 siswa. penelitian eksperimen adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. penelitian ini diadakan dalam dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. data dikumpulkan melalui tes yang diberikan melalui pre-test dan post-test. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari nilai siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan treatment. ini dibuktikan dari nilai rata-rata dan t-test score. nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 71.20 dan nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 66.88. dari hasil analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan dari nilai menulis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. ditemukan bahwa nilai t-test lebih tinggi dari nilai t-table. nilai t-test adalah 2.488 dan nilai t-table adalah 2.011. t-test telah dianalisis dengan bantuan spss 16.0, sedangkan t-table dapat dilihat dalam table t distribusi. berdasarkan kesimpulan di atas, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak. oleh karena itu, pengajaran menulis teks recount menggunakan teknik mind mapping efektif.
Abstrak Indonesia
The objective of this research is to find the effectiveness of mind mapping in improving the students’ score of writing recount text at the eighth grade students of smp negeri 6 tarakan in academic year 2015/2016. the subjects of this research were 50 students. experimental research was used as a method in this research. the research was carried out in two classes they are the control and the experimental class. the data were gathered through pretest and the posttest. the research result of the study showed that there were significant differences of students’ mean scores between the experiment class and the control class after the treatments. it was proved by the mean score and t-test score. the mean score of experiment class was higher than control class, where the mean score of experiment class was 71.20 and the mean score of control class was 66.88. from the result of data analysis indicated that there was a significant difference on the students’ writing score between the experimental class and the control class, it was found that the value of t-test was higher than the value of ttable. the score of t-test was 2.488 and the score for t-table was 2.011. the t-test was analyzed by the spss 16.0. besides, the t-table could be seen from t-table distribution. based on those result above, it can be concluded that the alternative hypothesis (ha) is accepted and the null hypothesis (h0) is rejected. therefore, teaching writing of recount text by using mind mapping technique is effective.