UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Grammatical Error Analysis On Descriptive  Text Compositions Made By Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 3 Tarakan

Grammatical Error Analysis On Descriptive Text Compositions Made By Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Rega Anantyo Rinaldy

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan gramatika yang umum dibuat oleh siswa kelas sebelas sma negeri 3 tarakan, dan (2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan kemungkinan penyebab kesalahan-kesalahan tersebut. subyek penelitian ini adalah 36 siswa sma negeri 3 tarakan, kelas xi-a. untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti meminta para siswa untuk mendeskripsikan sebuah benda dalam bentuk teks deskriptif. peneliti juga mewawancarai beberapa siswa untuk mendapatkan informasi mengenai kemungkinan penyebab kesalahan-kesalahan melalui penjelasan para murid. dalam mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan, dapat disimpulkan bahwa terdapat 412 kesalahan gramatika yang ada pada tulisan para siswa. kesalahan gramatika tersebut dianalisis berdasarkan surface strategy taxonomy. ditemukan bahwa 150 item merupakan kesalahan penghilangan, 92 item merupakan kesalahan penambahan, 146 item merupakan kesalahan pembentukan dan 24 item merupakan kesalahan penempatan. dalam mendeskripsikan kemungkinan penyebab kesalahan-kesalahan gramatika berdasarkan comparative strategy taxonomy, ditemukan bahwa 53 item merupakan kesalahan perkembangan, 53 item merupakan kesalahan interlingual, 238 item merupakan kesalahan ambigu dan 39 item merupakan kesalahan lainnya. dapat disimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan gramatika yang terjadi dalam tulisan siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman tata bahasa inggris dan siswa cenderung menerjemahkan pola-pola dan aturan bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris tanpa memperhatikan tata bahasa. jadi kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh faktor perkembangan yaitu tata bahasa dan struktur, penerapan pola-pola dan aturan bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris yang membuatnya menjadi kesalahan interlingual, gabungan antara faktor perkembangan dan faktor interlingual yang membuatnya menjadi ambigu, dan faktor lainnya yang tidak termasuk ke dalam tiga kategori sebelumnya. .

Abstrak Indonesia

This research was conducted to (1) identify and describe the common grammatical errors in descriptive writings made by eleventh grade students of sma negeri 3 tarakan, and (2) identify and describe the possible causes of errors. the subjects of this research were 36 students of sma negeri 3 tarakan, class xi-a. in order to get the data needed, the researcher asked the students to describe a thing in form of descriptive text. the researcher also interviewed some of the students to get information about the possible causes of errors from the students’ explanation. in describing the types of errors, it can be inferred that there were 412 items of grammatical errors which occured in the students’ writings. they were analysed based on the surface strategy taxonomy. it was found that 150 items were omission errors, 92 items were addition errors, 146 items were misformation errors and 24 items were misordering errors. in describing the possible causes of grammatical errors based on the comparative strategy taxonomy, it was found that 53 items were developmental errors, 53 items were interlingual errors, 238 items were ambiguous errors and 39 items were other errors. it can be inferred that grammatical errors occured in the students’ writings were caused by lacks of english grammatical understanding and students more likely translate indonesian patterns and rules into english without taking notice of grammar. so the errors were caused by developmental factors which were grammar and structure, the appliance of indonesian patterns and rules into english which make them interlingual errors, the combination of developmental factor and interlingual factor which make them ambiguous, and other factors that do not belong to the previous three categories