UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Scientific Approach In Teaching English At The Tenth Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan

The Scientific Approach In Teaching English At The Tenth Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Anisa Julianti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Peran guru sangat diperlukan dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 terutama dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik yang terdiri dari mengamati, bertanya, bereksperimen, berasosiasi, dan berkomunikasi. tujuan dari kurikulum 2013 ialah menciptakan siswa dengan kualitas yang baik. tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan dari pendekatan ilmiah dan untuk mengetahui masalah-masalah dari pendekatan ilmiah oleh guru bahasa inggris dalam mengajar bahasa inggris pada siswa kelas x (sepuluh) menggunakan kurikulum 2013. peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. data mulai dikumpulkan pada bulan april tahun 2017 dengan guru bahasa inggris kelas x (sepuluh). wawancara melibatkan guru bahasa inggris dan kepala sekolah dari sma negeri 2 tarakan. dokumen yang digunakan ialah rencana pembelajaran, dan untuk dokumentasi ialah foto-foto dari kegiatan guru dan siswa didalam kelas. hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 terutama dalam penggunaan pendekatan ilmiah dalam proses belajar mengajar oleh guru bahasa inggris telah baik walaupun masih memiliki beberapa masalah. contohnya, pada pertemuan pertama guru bahasa inggris mengajar di kelas x ips 3 dan hanya menerapkan “mengamati dan bertanya”. pertemuan kedua di kelas x ips 1, guru bahasa inggris tidak menerapkan “bertanya dan bereksperimen” didalam proses belajar mengajar dan hanya menerapkan “mengamati, berasosiasi, dan berkomunikasi”. pada pertemuan ketiga dikelas x ips 3, pertemuan keempat dikelas x ips 1 dan pertemuan kelima dikelas x ips 2, guru bahasa inggris hanya menerapkan “mengamati, bertanya, dan berasosiasi”, guru bahasa inggris tidakmenerapkan “bereksperimen dan berkomunikasi” dalam proses belajar mengajar. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru bahasa inggris tidak menerapkan semua langkah-langkah dari pendekatan ilmiah dalam setiap pertemuan. guru bahasa ingris kurang memahami langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran dari pendekatan ilmiah dan dalam menerapkan pendekatan ilmiah tidak konsisten, ini karena guru bahasa inggris hanya sekali mengikuti pelatihan mengenai kurikulum 2013 dan juga karena kurikulum 2013 ini selalu direvisi dan masih baru bagi semua guru-guru. .

Abstrak Indonesia

The teacher’s role is very important in the success of implementation curriculum of 2013 especially in implementing the scientific approach which consists of observing, questioning, experimenting, associating, and communicating. the objective of this study was to describe how the english teacher applied scientific approach and identified the problems of scientific approach faced by the english teacher in teaching english at the tenth grade students in curriculum of 2013. the researcher collected the data used fieldnotes, interview, and document. the data were collected starting from april until may 2017, the subject was the english teacher of the tenth grade students. the interview involved the english teacher and the headmaster of sma negeri 2 tarakan. the document were lesson plans, and for documentation were photos the activities of the english teacher and the students in the classroom. the results of this study shows that the implementation curriculum of 2013 especially in using scientific approach in teaching learning process by the english teacher well although it still had some problems. for example, on the first meeting the english teacher taught in the classroom at x ips 3 class and just applied “observing and questioning”. the second meeting at x ips 1 class, the english teacher did not apply “questioning and experimenting” in teaching process and just applied “observing, associating and communicating”. on the third meeting at x ips 3 class, forth meeting at x ips 1 class and fifth meeting at x ips 2, the english teacher just applied “observing, questioning, and associating”, the english teacher did not apply “experimenting and communicating” in teaching learning process. it can be concluded that, the english teacher did not apply all the stages of scientific approach in every meeting. the english teacher could not clearly understand the stages in learning activities of scientific approach and in applying the stages of scientific approach was inconsistent, it is because the english teacher just one times follow the training about curriculum of 2013 also because curriculum of 2013 always revised and still new for the teachers