
The Effectiveness Of Using Short Video As Media To Improve Students’ Ability In Writing Descriptive Text Of Tenth Grade Students Of SMAN 2 Tarakan
Pengarang : Tysha Hajrah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan video pendek sebagai media dalam meningkatkan nilai tulisan siswa dalam teks deskripsi. penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimental. populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas x di sman 2 tarakan. jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas 10. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa. penentuan sampel dengan cara teknik purposive sampling. ada satu kelas sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu kelas yang diberi perlakuan. kelas x iis 2 sebagai kelas yang diberi perlakuan. kelas yang diberi perlakuan berjumlah 35 siswa. tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan posttest. pada tahap pretest siswa diminta untuk menulis sebuah teks deskriptif berdasarkan gambar yang diberikan. setelah pretest, peneliti memberikan treatment. kelas yang diberi perlakuan diajarkan menggunakan video pendek sebagai media. setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk menulis sebuah teks deskripsi pada tahap posttest. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari nilai siswa antara pretest dan posttest. ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari pretest adalah 54.34 dan 71.71 pada hasil posttest. ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 17.37. dari hasil analysis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan dari nilai menulis siswa antara pretest dan posttest. hasil dari paired sample t test pada pretest menunjukkan bahwa -8.006 dan lebih tinggi dari angka t table (-2.032) itu berarti tulisan siswa mengalami peningkatan setelah perlakuan diberikan. sedangkan hasil dari perbandingan sig (2 tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05, itu berarti bahwa penggunaan video pendek sebagai media dapat memberikan kontribusi pada kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif. dari kedua hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dalam menulis teks deskripsi setelah perlakuan diberikan oleh peneliti. berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan video pendek sebagai media efektif dalam pengajaran menulis.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to find out whether there was any significant difference in students before and after using short video as media in teaching writing at the tenth-grade students of sman 2 tarakan. this research used pre experimental design. the populations in this research were all of tenth grade students at sman 2 tarakan. the numbers of sample in this research were 35 students. the samples were chosen by using purposive sampling technique. there was one class as the sample. class for treatment class was x iis 2. it consisted of 35 students. the steps in this research were pretest, treatment, and posttest. in the pretest, the students were asked to write a descriptive text based on pictures given. after giving pretest, the researcher gave treatment. the treatment class was taught by usingshort video as media. after giving the treatment, students were asked to write a descriptive text based on the pictures given in the posttest. the research result shows that there was different mean score between pretest and posttest. it was proven by the result of the students’ mean score from pretest was 54.34 and 71.71 in the posttest. it meant that the improvement of the students’ mean score in was 17.37. it showed that the improvement of the students’ mean score in the posttest was higher than pretest. from the data analysis, it indicates that there was significant difference from the students’ writing score between pretest and posttest. the result of paired sample t test showed that -8.006 higher than t table (-2.302), it means that there is an improvement after giving the treatment. meanwhile, the result of sig (2 tailed) 0.000 is lower than 0.05, it means that the short video can give any contribution to the students’ writing skill in descriptive text. from both of the result it can be seen that there is significant different between pretest and posttest in writing descriptive text after the treatment is given by the researcher. based on the explanation above, it can be concluded that using short video as media is effective in teaching writing.