
The Teachers’ Strategies In Teaching English At Eighth Graders Of SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Martina M
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa inggris kepada siswa di kelas viii-f. subjek penelitian adalah guru bahasa inggris kelas viii di smp negeri 2 tarakan. untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar bahasa inggris, peneliti memakai tiga instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu menggunakan dokumen, catatan lapangan, dan wawancara. dalam mengobservasi subjek penelitian, peneliti menggunakan rekaman video untuk mendukung pengumpulan data alat rekam visual. hasil menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru di sekolah adalah strategi ekpositori. dalam penerapan strategi ekspositori, strategi yang digunakan kurang mendukung kondisi kelas, beberapa siswa tidak serius, guru lebih dominan menjelaskan di tempat duduk, tidak memantau aktivitas siswa, kurang kontak mata, meskipun gurunya memiliki suara yang besar. dari observasi pertama sampai keempat, guru tidak mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah dibuat. sehingga dalam pengajaran, guru mengajar dengan cara yang sama. hal ini mungkin dikarenakan latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai dengan bidang pelajaran bahasa inggris.
Abstrak Indonesia
This was a descriptive qualitative research. the objective of this research was to find out the strategies used by the teacher in teaching english in viii-f graders. the subject of this research was the teacher of english at smp negeri 2 tarakan. in collecting the data, the researcher used three instruments, such as: document, field notes, and interview. in addition, the researcher used video recorder to support the data. the result showed that expository strategy was used in the teaching and learning process. the characteristics expository strategy is: presented the material orally, data or facts, the main learning purpose is mastering learning material itself. in implementing strategy expository, the strategy that were used in the class was not supported the circumstances, there were some students not serious following the lesson, the teacher tended to dominate the class, sat on her chair when explaining the material, gave the task to students without moving around to check students’ activity, and had limited eye contact, even the teacher’s voice was louder. from the first observation until the fourth observation, the teacher did not implement the lesson plans which had made before. she would rather to conduct the teaching process with the same teaching strategy. these might be due to the teacher’s educational background which was not majoring in english.