
The Problem Faced By The English Teacher Of Seventh Grade Students Toward Evaluation In Using Curriculum 2013 At SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Wahyuni
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru bahasa inggris kelas vii dalam aspek mekanisme, prosedur, dan instrument untuk menilai hasil belajar siswa. data diperoleh dan dinalisis menggunakan model analisis miles & huberman. metode penelitian dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. subjek penelitian ini adalah guru bahasa inggris kelas tujuh. teknik mengumpulkan data dalam penelitian menggunakan empat instrument seperti observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. hasil dari penelitian ini adalah penilaian dalam menggunakan kurikulum 2013 di smp negeri 2 tarakan diimplementasikan dengan baik. guru bahasa inggris kelas vii cukup mengerti mekanisme, prosedur, dan instrument untuk menilai hasil belajar siswa. hampir semua dari aspek tersebut digunakan oleh guru bahasa inggris kelas vii. dalam aspek mekanisme, kedua guru bahasa inggris kelas vii selalu menggunakan penilaian otentik, penilaian projek, ulangan harian, dan ulangan tengah semester dan semester. dalam aspek prosedur, kedua guru bahasa inggris kelas vii selalu menggunakan tes tertulis, observasi, praktek, penugasan, tes lisan, jurnal, penilaian diri, dan penilaian teman sejawat. untuk instrumen guru bahasa inggris kelas vii selalu menggunakan pilihan ganda, isian, lembar observasi, pekerjaan rumah, daftar pertanyaan, buku catatan jurnal, lembar penilaian diri, dan lembar penilaian antar teman sejawat. adapun masalah lain yang ditemukan oleh peneliti adalah dua guru memiliki satu rencana pelaksanaan pembelajaran yang sama dan rencana pelaksanaan pembelajaran disusun tidak bedasarkan kompetensi dasar melainkan disusun berdasarkan unit pembelajaran dari buku pegangan siswa.
Abstrak Indonesia
The objectives of this study were to find out the problems faced by the english teacher of seventh grade students in mechanism aspect, procedures aspect and instruments to evaluate students’ study result. the data obtained were analyzed using a model of miles & huberman. the research design of this study was descriptive qualitative. the subject notes, interview, and documentation. the result of this study was evaluation in using curriculum of 2013 at smp negeri 2 tarakan has implemented well. the english teacher understand the mechanism, procedures and instrument to evaluate students’ study result. most of all the aspects were used by the english teachers. in mechanism aspect, both of the teachers always used authentic evaluation, project evaluation, daily test, and mid semester and semester. in procedure aspect, both of the teachers always used written test, observation, practice, assignment, oral test, journal, self-assessment, and friends’ assessment. in the instruments the teachers always used multiple choices, questions with short answer, observation sheet, homework, list of questions, journals’ book, self-assessment sheet, and friends’ assessment sheet. moreover, another problem that researcher found that two english teachers have the same lesson plan and it arranged without basic competence except based learning units from the students’ handbook.