
The Effectiveness Of Youtube Video In Teaching Writing Of Procedure Text At Tenth Grade Students Of SMAN 1 Sebatik Tengah In Academic Year 2016/2017
Pengarang : Abriani Fratiwi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan youtube video dalam pengajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas sepuluh di sman 1 sebatik tengah tahun akademik 2016/2017. penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sepuluh di sman 1 sebatik tengah. jumlah populasi dari penelitian ini adalah 134 siswa. sampel dari penelitian ini adalah kelas x-b yang terdiri dari 33 siswa. sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pre-test, treatment, dan post-test. pada tahap pre-test, siswa diminta untuk menulis teks prosedur berdasarkan topik-topik yang diberikan. setelah pre-test, peneliti memberikan treatment. kelas eksperimen diajar dengan menggunakan youtube video. setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk menulis teks prosedur pada tahap post-test. hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pre-test dan post-test. ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dalam pre-test adalah 55.85 dan hasil post-test adalah 77.06. ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 21.21. dari hasil perhitungan menggunakan paired samples t-test dapat diketahui bahwa nilai sig.2 tailed lebih kecil dibandingkan level of significant (0.000 < 0.05). itu mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak. dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan youtube video dalam pengajaran menulis teks prosedur. paired samples t-test telah dianalisis menggunakan spss version 22.0. secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa youtube video efektif dalam pengajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas sepuluh di sman 1 sebatik tengah tahun akademik 2016/2017.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to find out the significant effect of using youtube video in teaching writing of procedure text at tenth grade students of sman 1 sebatik tengah in academic year 2016/2017. this research used pre experimental design. the population of this research were all of the tenth grade students at sman 1 sebatik tengah. the total of population were 134 students. the sample of this research was x-b class that consisted of 33 students. the sample was chosen by using purposive sampling technique. the steps in this research were pre-test, treatment and post-test. in the pre-test, the students were asked to write a procedure text based on the topics given. after giving pre-test, the researcher gave the treatment. this class was taught by using youtube video. after giving the treatment, students were asked to write a procedure text in the post-test. the result of this research shows that there was different mean score between pre-test and post-test. it was proven by the result of the students’ mean score in pre-test was 55.85 and in post-test was 77.06. it shows that the improvement of the students’ mean score in experimental class was 21.21. from the result of computation using paired samples t-test shows that sig. (2 tailed) is lower than level of significant (0.000 < 0.05). it indicates that the alternative hypothesis ( ) is accepted and the null hypothesis (h0) is rejected. thus, there is a significant effect of using youtube video in teaching writing of procedure text. the paired samples t-test was analyzed by using spss version 22.0. overall, it can be concluded that youtube video is effective in teaching writing of procedure text at tenth grade students of sman 1 sebatik tengah in academic year 2016/2017.