
ANALISIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS OPEN ENDED MATEMATIKA
Pengarang : Adelia Dewi Saqinah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Kemampuan high order thinking skill (hots) menjadi penting dalam pembelajaran abad 21 karena melibatkan proses berpikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, yang esensial dalam pemecahan masalah kompleks. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal berbasis open ended matematika pada siswa kelas v sekolah dasar. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil tes hots. teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara semi-terstruktur untuk menggali kemampuan berpikir siswa secara lebih mendalam. instrumen penelitian terdiri dari tiga soal matematika berbasis open ended yang dirancang berdasarkan indikator hots dalam taksonomi bloom revisi, yaitu c4 (menganalisis), c5 (mengevaluasi), dan c6 (mencipta). hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi mampu menunjukkan ketiga indikator hots secara konsisten, baik dalam menjelaskan informasi, menyusun strategi pemecahan masalah, maupun menyimpulkan jawaban. siswa kategori sedang mampu menganalisis dan mengevaluasi, namun mengalami kesulitan pada aspek mencipta secara tertulis. sementara itu, siswa dengan kategori rendah hanya menunjukkan indikator menganalisis dan mengevaluasi pada satu soal sementara indikator mencipta tidak dapat terpenuhi. temuan ini mengindikasikan perlunya penguatan pembelajaran berbasis open ended yang mampu menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. kata kunci: high order thinking skill (hots), open ended, matematika, pemecahan masalah, siswa sekolah dasar.
Abstrak Indonesia
High order thinking skills (hots) are crucial in 21st-century learning because they involve higher-level thinking processes such as analyzing, evaluating, and creating, which are essential in solving complex problems. this study investigated students higher-order thinking skills (hots) in solving open-ended mathematics problems in fifth-grade elementary school students. the approach used in this study was a qualitative approach with a descriptive method, and the research subjects were categorized as high, medium, and low ability categories based on the results of the hots test. data collection techniques were written tests and semi-structured interviews to further explore students' thinking abilities. the research instruments consisted of three open-ended mathematics questions designed based on the hots indicators in bloom's taxonomy revision, namely c4 (analyzing), cs (evaluating). and c6 (creating). the results revealed that students in the high category consistently demonstrated all three hots indicators, including explaining information, developing problem-solving strategies, and concluding answers. students in the medium category could analyze and evaluate, but had difficulty creating. meanwhile, students in the low category only demonstrated the indicators in analyzing and assessing in one question, while the creating indicator could not be fulfilled. these findings indicate the need to strengthen open-ended learning to stimulate students' higher-order thinking skills. keywords: high order thinking skill (hots), open-ended, mathematics, problem solving, elementary school students