
HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA REMAJA
Pengarang : Ryza Avril Yono
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
penggunaan teknologi digital yang semakin berkembang membuat game online menjadi salah satu hiburan favorit di kalangan remaja. game online yang dimainkan secara berlebihan dan dalam waktu yang lama, dapat menimbulkan dampak negatif, seperti munculnya sikap kasar dalam berbicara atau perilaku agresif verbal. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif verbal pada remaja. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan pendekatan cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang bermain game online berjumlah 408 orang. sampel berjumlah 202 orang yang di ambil dengan purposive sampling. kecanduan game online adalah variabel independen dan diukur dengan kuesioner game addiction scale (gas-21), sedangkan perilaku agresif verbal adalah variabel dependen dan di ukur dengan kuesioner verbal aggressiveness scale (vas). pengolahan data dilakukan dengan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis data menggunakan uji sperman rank dengan α= 0,05. hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden memiliki kecanduan bermain game online ringan sebesar 105 responden ( 52,0% ) dan sebagian besar memiliki perilaku agresif verbal ringan sebanyak 110 ( 54, 5%). uji statistik sperman rank di dapatkan nilai p = 0,001 < α = 0,05. berdasarkan temuan ini di dapatkan hubungan bermain game online dengan perilaku agresif verbal pada remaja di smpn tana tidung. semakin tinggi kecanduan bermain game online, semakin besar kecenderungan remaja untuk menunjukkan perilaku agresif secara verbal. oleh karena itu, keterlibatan orang tua, guru, dan tenaga kesehatan sangat penting dalam mengawasi dan membimbing penggunaan game online agar tidak berdampak buruk pada perkembangan perilaku remaja. kata kunci : game online, perilaku agresif verbal, remaja
Abstrak Indonesia
The increasing development of digital technology has made online gaming one of the favorite forms of entertainment among adolescents. excessive and prolonged online gaming can have negative effects, such as the emergence of rude speech or verbally aggressive behavior. this study aimed to determine the relationship between online gaming addiction and verbal aggressive behavior in adolescents. this study applied a quantitative research design with a cross-sectional approach. the population in this study consisted of all students who play online games, totaling 408 individuals. the sample comprised 202 individuals selected through purposive sampling. online game addiction was the independent variable and was measured using the game addiction scale (gas-21) questionnaire, while verbal aggressive behavior was the dependent variable and was measured using the verbal aggressiveness scale (vas) questionnaire. data processing was conducted through editing, coding, scoring, tabulation, and data analysis using the spearman rank test with a = 0.05. the results showed that the majority of respondents had mild online game addiction (105 respondents, 52.0%), and the majority exhibited mild verbal aggressive behavior (110 respondents, 54.5%). the spearman rank test yielded a p-value of 0.001 a=0.05. based on these findings, a relationship was found between online gaming and verbal aggressive behavior among adolescents at smpn tana tidung. the higher the level of online gaming addiction, the greater the tendency for adolescents to exhibit verbally aggressive behavior. therefore, the involvement of parents, teachers, and healthcare professionals is crucial in monitoring and guiding the use of online games to prevent negative impacts on adolescent behavioral development. keywords: online gaming, verbal aggressive behavior, adolescents