UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MATERI LIMA SIMBOL PANCASILA PADA SISWA KELAS II DI SDN 017 TARAKAN

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MATERI LIMA SIMBOL PANCASILA PADA SISWA KELAS II DI SDN 017 TARAKAN

Pengarang : Jumaini Muis

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran puzzle yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar. metode yang digunakan adalah research and development (r&d) dengan model pengembangan addie, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. media puzzle dibuat dari bahan plywood dan dilengkapi dengan flashcard sebagai media pendamping. pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal, wawancara awal, validasi ahli, angket kemenarikan siswa dan dokumentasi. hasil pengembangan menunjukkan bahwa media ini sangat layak dan menarik, dengan skor validasi dari ahli media sebesar 85%, ahli materi 80%, dan praktisi 100%. penilaian siswa terhadap kemenarikan media juga tinggi, yaitu 95,83% pada uji coba terbatas dan 94,50% pada uji coba lapangan. ini menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle menarik minat digunakan siswa dalam pembelajaran. kata kunci: penelitian dan pengembangan, model addie, media puzzle

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to design and develop learning media puzzles that are feasible for use in the teaching and learning process. the method employed is research and development, utilizing the addie development model, which encompasses the following stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. puzzle media is made of plywood and equipped by flashcards as a complementary medium. the data were collected through observation, interviews, expert validation, student interest questionnaire, and documentation. the development results show that this media is very feasible and attractive, with validation scores from media experts of 85%, material experts 80%, and practitioners 100%. student assessment of media attractiveness is high, namely 95.83% in the limited trial and 94.50% in the field trial. this shows that puzzle learning media is interesting for students to use in learning keywords: research and development, addie model, puzzle media