
Penerapan Pembelajaran Fun Learning Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV-D SDN 003 Tarakan
Pengarang : Widya Astuti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas iv-d sdn 003 tarakan dalam mata pelajaran matematika materi bilangan desimal dengan menerapkan pembelajaran fun learning berbasis wordwall. penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas (ptk) yang dilaksanakan pada peserta didik iv-d sdn 003 tarakan. teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasim tekbik analisa data pada penelitian ini yaitu, hasil penelitian kognitif dan psikomotorik. hasil peneltian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas iv-d sdn 003 tarakan telah meningkat disetiap siklus dari segala jenis aspek. penerapan pembelajaran matematika materi bilangan desimal dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik aspek kognitif dengan nilai pada siklus i yaitu 55% dan meningkat pada siklus ii menjadi 89%. peningkatan nilai tersebut dipersentasikan menjadi 89% dan telah mencapai indikator keberhasilan lebih dari 75% peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari kkm yaitu 70. pada hasil psikomotorik dengan nilai 37% pada siklus i kemudian meningkat 81% pada siklus ii. peningkatan tersebut dipersentasikan menjadi 81% dan melebihi indikator keberhasilan 75% peserta didik mencapai kkm 70. dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fun learning berbasis wordwall mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika. kata kunci: fun learning berbasis wordwall, hasil belajar, bilangan desimal.
Abstrak Indonesia
This study aims to improve the mathematics learning outcomes of grade iv-d students at sdn 003 tarakan, specifically on the topic of decimal numbers, through the implementation of a word-wall based fun learning method. the research employed a classroom action research (car) design involving students of grades iv-d at sdn 003 tarakan. data collection techniques included tests, observation, and documentation. data analysis focused on both cognitive and psychomotor learning outcomes. the results showed a consistent improvement in students' performance across all measured aspects in each cycle. the use of the fun learning method for teaching decimal numbers effectively enhanced students' cognitive outcomes, with 55% of students achieving the minimum passing grade (kkm) in cycle i, which increased to 89% in cycle ii-exceeding the success indicator threshold of 75%. in terms of psychomotor skills, the percentage of students meeting the competency standard rose from 37% in cycle i to 81% in cycle ii, also surpassing the 75% success indicator. it can be concluded that the implementation of the word-wall based fun learning method significantly improved students' learning outcomes in mathematics. keywords: word-wall based fun learning, learning outcomes, decimal numbers