UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas IV-A

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas IV-A

Pengarang : Herlina Sariyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemampuan membaca pemahaman sangat penting sebagai dasar bagi peserta didik dalam memperoleh informasi dan meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas iv-a di sd negeri 015 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan membaca pemahaman, wawancara, dan dokumentasi. subjek penelitian ini dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, terdapat empat subjek yang mewakili empat kategori kemampuan membaca pemahaman, yaitu sangat baik (s1), baik (s2), cukup (s3), dan kurang (s4). indikator yang digunakan dalam menilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik meliputi, 1) kemampuan menangkap arti kata atau ungkapan dalam teks, 2) kemampuan menangkap makna tersurat maupun tersirat, 3) kemampuan dalam membuat kesimpulan, 4) kemampuan dalam menentukan amanat. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan membaca pemahaman tiap peserta didik. peserta didik dengan kategori sangat baik mampu memenuhi seluruh indikator sehingga mendapatkan nilai tes 90. kemudian peserta didik kategori baik mampu menjawab sebagian besar indikator dengan benar, namun masih kesulitan dalam menangkap makna tersirat sehingga mendapatkan nilai 86,2. pada kategori cukup, peserta didik hanya memenuhi beberapa indikator dan menunjukkan kesulitan dalam membuat kesimpulan dan menentukan amanat sehingga mendapatkan nilai 76,2. sementara peserta didik kategori kurang menunjukkan kesulitan dalam memahami isi bacaan, termasuk dalam menangkap makna kata, menyimpulkan isi, dan menentukan amanat sehingga mendapatkan nilai 31,4. kata kunci: analisis kemampuan membaca, membaca pemahaman, sekolah dasar

Abstrak Indonesia

Reading comprehension ability is essential as a basis for students to obtain infromation and improve the quality of learning. this study aimed to analyze the reading comprehension of class iv-a students at sd negeri 015 tarakan. the type of research used was qualitative research with a descriptive approach. data collection techniques were carried out through reading comprehension ability tests, interviews, and documentation. the subjects of this study were selected based on predetermined criteria, with four subjects representing four categories of reading comprehension ability, i.e., very good (s1), good (s2), sufficient (s3), and less (s4). indicators used in assessing students' reading comprehension skills include 1) the ability to capture the meaning of words or expressions in the text, 2) the ability to capture explicit and implied meaning, 3) the ability to make conclusions, and 4) the ability to determine the main idea. the results showed that there were differences in the level of reading comprehension ability of each learner. learners in the excellent category were able to fulfill all indicators, so they got a test score of 90. then, good category learners were able to answer most of the indicators correctly but still had difficulty in capturing the implied meaning, so they got a score of 86.2. in the moderate category, learners only fulfilled some indicators and experienced difficulty in making conclusions and determining the main idea, so they got a score of 76.2. while learners in the poor category showed difficulty in understanding the content of the reading, including in capturing the meaning of words, summarizing the content, and determining the mandate, so that they got a score of 31.4. keywords: reading ability analysis, reading comprehension, elementary school