UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effectiveness Of Using Charades Game As Learning Strategy On Vocabulary Mastery At The Seventh Grade Of MTs Negeri  Tarakan

The Effectiveness Of Using Charades Game As Learning Strategy On Vocabulary Mastery At The Seventh Grade Of MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Eva Suzanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kosakata merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa inggris. oleh karena itu, untuk mengajarkan kosakata dibutuhkan strategi pengajaran yang menarik dan menyenangkan seperti charades game. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dari implementasi charades game sebagai strategi pengajaran terhadap kemampuan meningkatkan kosakata siswa kelas 7. metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental. populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 7 mts negeri tarakan dengan sampel kelas 7-d sebanyak 32 siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa pre-test dan post-test. selain itu, hasil analisis dari data yang didapatkan diolah menggunakan program spss versi 25.0. hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata dari hasil pre-test adalah 50.94 dan rata-rata dari hasil post-test adalah 77.97. hasil uji willcoxon test adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengajarkan kosakata bahasa inggris dengan charades game terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa inggris siswa di kelas 7-d di mts negeri tarakan. kata kunci: permainan charades, strategi pembelajaran, penguasaan kosakata

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine the significant effect of implementing the charades game as a teaching strategy on the ability to improve the vocabulary of seventh-grade students. the research method used was the pre-experimental method. the population of this study was seventh-grade students of mts negeri tarakan, with a sample of 32 students from the 7-d class. the research instruments used were written tests, pre-tests, and post-tests. in addition, the data analysis results were processed using the spss program version 25.0. the study showed that the average pre-test result was 50.94, and the average post-test result was 77.97. the results of the wilcoxon test were 0.000, which is smaller than 0.05, which means that the alternative hypothesis (ha) is accepted, and the null hypothesis (h0) is rejected. therefore, teaching english vocabulary with a charades game has proven effective in improving students' english vocabulary skills in the 7-d class at mts negeri tarakan. keywords: charades game, learning strategy, vocabulary mastery.