
ANALISIS TINDAK TUTUR BERBAHASA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TARAKAN (KAJIAN PRAGMATIK)
Pengarang : Fitri Rusliyani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan tindak tutur ilokusi dalam tuturan siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan dan guru bahasa indonesia yaitu mendeskripsikan fungsi dari tindak tutur ilokusi. penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2025. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. data penelitian yaitu tuturan siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan dengan guru bahasa indonesia. data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, rekam, simak, catat, dan dokumentasi. teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. dalam penelitian ditemukan 30 data tindak tutur dimana tuturan tersebut merupakan tindak tutur ilokusi beserta fungsinya. berikut fungsi tindak tutur ilokusi antara lain representatif direktif, ekspresif, komisif dan deklaratif. berdasarkan hasil yang ditemukan tindak tutur yang paling mendominasi adalah tindak tutur direktif berjumlah 9 data dan tindak tutur ekspresif berjumlah 9 data karena pada tindak tutur siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan dan guru dalam proses pembelajaran lebih banyak menggunakan tindak tutur direktif dan tindak tutur ekspresif yang memiliki tujuan yang sama yaitu saling mengungkapkan sesuatu yang diinginkan. kata kunci : tindak tutur, pragmatik, ilokusi.
Abstrak Indonesia
This study aimed to describe the form of illocutionary speech acts used by the eighth-grade students of smp negeri 3 tarakan and their indonesian language teacher, which involves describing the functions of illocutionary speech acts. the research was conducted in february 2025. the research method used qualitative descriptive with a pragmatic approach. the research data consists of utterances from eighth-grade students of smp negeri 3 tarakan and their indonesian language teacher. data were obtained using observation, interviews, recording. note-taking, and documentation techniques. data analysis techniques involved data reduction, data presentation, and verification. the study found that 30 data points of speech acts where these utterances represent illocutionary acts along with their functions. the functions of illocutionary acts include representative, directive, expressive, commissive, and declarative. based on the findings, the most dominant speech acts are directive speech acts with a total of 9 data and expressive speech acts also with a total of 9 data, as the eighth-grade students of smp negeri 3 tarakan and the teacher in the learning process predominantly use directive speech acts and expressive speech acts, which have the same purpose for expressing mutual desires. keywords: speech acts, pragmatics, illocution