UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangn Puzzle Sebagai Media Layanan Informasi Karir Siswa Di SDN 019 Kota Tarakan

Pengembangn Puzzle Sebagai Media Layanan Informasi Karir Siswa Di SDN 019 Kota Tarakan

Pengarang : Rahmat Syahyudi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Bimbingan karir membantu siswa menyesuaikan dırı, memahami dunia kerja, memilih pekerjaan, dan membuat perencanaan karir layanan yang tepat dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai karır yaitu melalui layanan informasi. pemberian layanan informası kepada siswa akan lebih efektif jika diberikan melalui media yang tepat. media yang tepat untuk mendukung pemberian layanan informası karır kepada siswa yaitu media puzzle. penelitian ini menggunakan pendekatan r&d (reasearch and development) dengan menggunakan model addie dengan melalui tahap analysis, design, development, implementation evaluation. tujuan penelitian ini untuk menguji kelayakan pada pengembangan puzzle sebagai media layanan informasi karir pada siswa di sdn 019 kota tarakan. penelitian ini menggunakan uji kelompok kecil dengan jumlah 9 orang siswa responden dan 1 orang guru yang berperan sebagai penilai sejauh mana kelayakan media puzzle. berdasarkan hasil validasi media diperoleh presentase sebesar 86% kategori sangat tinggi atau sangat layak, hasıl validasi materi diperoleh presentase 95% kategori sangat tinggi atau sangat layak, kemudian hasil uji coba kelompok kecil dengan responden 9 diperoleh presentase 95% kategori sangat tinggi atau sangat layak dan hasil pengguna produk atau respon guru diperoleh presentase 96% kategori sangat tinggi atau sangat layak. sehingga dapat disimpulkan bahwa media puzzle sebagai media layanan informasi karır siswa di sdn 019 kota tarakan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan. kata kunci: puzzle, layanan informasi, karir

Abstrak Indonesia

Career guidance assists students in adapting to and understanding the world of work, choosing occupations, and planning their careers information services most effectively provide appropriate knowledge and understanding about careers. the delivery of information services to students will be more effective if conveyed through suitable media. puzzles are identified as an appropriate medium to support the provision of career information services to students. this study employs a research and development (r&d) approach, utilizing the addie model, which progresses through the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. the primary objective of this research is to test the feasibility of developing puzzles as a career information service medium for students at sdn 019 tarakan city. the study involved a small group test with 9 student respondents and 1 teacher who acted as an evaluator to assess the feasibility of the puzzle medium. based on the validation results, the media validation yielded 86%, categorized as "very high" or "very feasible" material validation results showed a percentage of 95%, also categorized as "very high" or "very feasible" furthermore, the small group test with 9 respondents yielded a percentage of 95%, categorized as "very high" or "very feasible," and the product user response from the teacher obtained a rate of 96%, also categorized as "very high" or "very feasible" thus, the developed puzzle medium meets the feasibility criteria for use at sdn 019 tarakan city. keyword: puzzle, information service, career