UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effect Of Using Personal Photographs As Learning Media To Enhance The Students' Writing Achievement At Eleventh-Grade In SMAN 3 Tarakan

The Effect Of Using Personal Photographs As Learning Media To Enhance The Students' Writing Achievement At Eleventh-Grade In SMAN 3 Tarakan

Pengarang : Puteri Nuur Safirah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Menulis diakui sebagai keterampilan penting untuk komunikasi yang efektif dan penyampaian ide. namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan ini. penelitian ini dilakukan karena rendahnya pencapaian menulis siswa dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan foto pribadi sebagai media pembelajaran terhadap pencapaian menulis siswa kelas xi di sman 3 tarakan. penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan model satu kelompok pre-test dan post-test, yang melibatkan 36 siswa dari kelas xi-a. instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk pre-test dan post-test. data dianalisis menggunakan program spss versi 16.0. hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pencapaian menulis siswa. pada tahap pre-test, rata-rata skor 58,5 tersebut berada di bawah standar nilai minimal (kktp) sekolah yang ditetapkan, sehingga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai kompetensi yang diharapkan dalam keterampilan menulis. namun, setelah diberikan perlakuan melalui penggunaan foto pribadi sebagai media pembelajaran, rata-rata skor meningkat menjadi 71,98, yang berarti telah melampaui standar nilai sekolah dan menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam pencapaian menulis siswa. hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05), yang berarti hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak. temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan foto pribadi memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik dalam meningkatkan pencapaian menulis siswa kelas xi di sman 3 tarakan. kata kunci: pencapaian menulis, foto pribadi, teks deskriptif

Abstrak Indonesia

Writing is recognized as an important skill for effective communication and the expression of ideas. however, many students still struggle to develop this skill. this research was conducted due to the low writing achievement of students and it aimed to determine the effect of using personal photos as a learning medium on the writing achievement of eleventh-grade students at sman 3 tarakan. this research used a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test model, involving 36 students from class xi-a. the instruments used written test in the form of a pre-test and post-test. the data were analyzed using spss version 16.0. the research results indicated an improvement in students’ writing achievement. in the pre-test stage, the average score of 58.5 was below the school's minimum standard (kktp), indicating that most students had not yet reached the expected competencies in writing skills. however, after giving the treatment through the use of personal photos as a learning media, the mean score improved to 71.98, which means it had exceeded the school’s standard score and indicated a significant improvement in students’ writing achievement. the wilcoxon test results showed a significance value of 0.000 (p < 0.05), which means the alternative hypothesis (ha) is accepted and the null hypothesis (h0) is rejected. these findings showed that the use of personal photograph has a statistically significant effect in improving the writing achievements of eleventh-grade students at sman 3 tarakan. keywords: writing achievements, personal photograph, decriptive text