UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter Materi Mendongeng Kelas III Di SDN 023 Tarakan

Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter Materi Mendongeng Kelas III Di SDN 023 Tarakan

Pengarang : Sukma

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran abpk (animasi berbasis pendidikan karakter) materi mendongeng di kelas iii sdn 023 tarakan. adapun untuk mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi, selanjutnya untuk mengetahui ketertarikan siswa diperoleh dari lembar angket ketertarikan siswa terhadap media abpk (animasi berbasis pendidikan karakter) materi mendongeng kelas iii sdn 023 tarakan yang dikembangkan. adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau biasa disebut dengan research and development (r&d) penelitian ini menggunakan model addie yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: analysis, design, development, implementation and evaluation. selanjutnya instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, lembar validasi, lembar angket ketertarikan siswa dan dokumentasi, dokumetasi pada penelitian pengembangan ini berupa aktivitas siswa pada saat uji coba media pembelajaran abpk dilaksanakan . hasil validasi yang diperoleh pada validasi ahli media yaitu sebesar 89% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 86,6% dengan kategori sangat layak, serta validasi ahli praktisi diperoleh persentase sebesar 94,4% dengan kategori sangat layak. selanjutnya pada saat uji coba terbatas diperoleh persentase sebesar 90,3% dengan kategori sangat menarik dan uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 92,1% dengan kategori sangat menarik. berdasarkan hasil persentase dari validasi para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran abpk (animasi berbasis pendidikan karakter) materi mendongeng di kelas iii sdn 023 tarakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. selanjutnya pada lembar angket ketertarikan siswa pada saat uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran abpk (animasi berbasis pendidikan karakter) materi mendongeng di kelas iii sdn 023 tarakan dinyatakan sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. kata kunci: penelitian dan pengembangan (r&d), model addie, animasi berbasis pendidikan karakter.

Abstrak Indonesia

This study aims to develop character educatoin-based animated media (cebam) for storytelling materials in grade iii at sdn 023 tarakan. the feasibility of the developed media was evaluated through validation by media experts, language experts, and practitioners. additionally, student interest in the media was assessed using a student interest questionnaire specifically designed for the cebam storytelling material in grade iii at sdn 023 tarakan. this research employed the research and development (r&d) method using the addie model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. data collection instruments included observation, interviews, validation sheets, student interest questionnaires, and documentation. the documentation in this developmental study included student activities during the trial implementation of the cebam learning media. the validation results showed that the media expert provided a score of 89%, the language expert gave 86,6%, and the practitioner provided 94,4%-all categorized as “highly feasible”. during the limited trial, the student interest score reached 90,3%, and in the field trial, it was 92,1%-both categorized as “very interesting”. based on these validation and trial results, the cebam for storytelling material in grade iii at sdn 023 tarakan is considered highly suitable for use in the learning process. furthermore, the student interest responses confirm that the cebam is highly engaging for classroom use. keywords: research and development (r&d), addie model, character education-based animation