UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of THE EFFECT OF LISTEN-READ-DISCUSS STRATEGY ON STUDENTS READING COMPREHENSION AT SMPN 13 TARAKAN

THE EFFECT OF LISTEN-READ-DISCUSS STRATEGY ON STUDENTS READING COMPREHENSION AT SMPN 13 TARAKAN

Pengarang : Indy Liani Fadilla

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari menggunakan strategi listen-read-discuss terhadap keterampilan pemahaman membaca siswa kelas delapan smpn 13 tarakan. dengan menggunakan desain pra-eksperimental dengan design one group pre-test dan post-test pada tes awal dan tes akhir. populasi dari penelitian ini adalah kelas delapan sebanyak 31 siswa. tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini melalui test tertulis berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui adanya efek terhadap pemahaman membaca. hal ini dapat dilihat dari hasıl analisis data nilai rata-rata pre-test dan post-test menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 10,32. hasil uji wilcoxon sign rank test digunakan karena hasil penelitian tidak normal yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak. temuan ini mendukung kesimpulan bahwa strategi lrd adalah metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami dan terlibat dengan teks tertulis. keyword: reading comprehension, listen-read-discuss (lrd)

Abstrak Indonesia

This study examines the effect of the listen-read-discuss (lrd) strategy on the reading comprehension skills of eighth-grade students at smpn 13 tarakan. employing a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test model, the research involved a single group of 31 students. data were collected through written assessments (pre-test and post-test) to determine the effect of the strategy on reading comprehension. the data analysis showed a mean increase of 10.32 points between the pre-test and post-test scores. the wilcoxon signed-rank test was used due to the non-normal distribution of the data, yielding a p-value of 0.000 (< 0.05), indicating that the alternative hypothesis (ha) was accepted and the null hypothesis (ho) was rejected. these findings support the conclusion that the lrd strategy effectively enhances students' reading comprehension and can significantly improve their ability to understand and engage with written texts. keywords: reading comprehension, listen-read-discuss (lrd),