UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of DESKRIPSI KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS IV-B DI SDN 006 TARAKAN

DESKRIPSI KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS IV-B DI SDN 006 TARAKAN

Pengarang : Desy Noviyanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas iv-b di sdn 006 tarakan. jenis penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. penelitian diawali dengan memilih sampel berdasarkan populasi yang ada, subjek penelitian berjumlah 15 siswa. teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan wawancara. setelah itu peneliti mengolah data hasil membaca puisi dengan cara mereduksi data hasil penelitian berupa hasil tes keterampilan membaca puisi, setelah di reduksi ditemukan sebanyak 7 subjek yang sesuai dengan standar penilaian keterampilan membaca puisi. berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil dari tujuh subjek penelitian yang diteliti secara mendalam, empat siswa (aas, iai, rav, dan as) memperoleh penilaian "baik" dalam pelafalan, ditandai dengan vokal yang jelas dan pengucapan kata yang lancar ketika membaca puisi. terdapat tiga siswa (azr, anh, dan aag) yang menunjukkan level pelafalan "kurang", dengan kesulitan utama pada pengucapan kata-kata yang dianggap sulit dan kecenderungan membaca terputus-putus. dua siswa (azr dan as) menunjukkan kemampuan intonasi yang "baik", sementara itu, empat siswa (aas, iai, anh, dan rav) berada pada kategori "cukup", sedangkan satu siswa (aag) masih "kurang" dalam penguasaan intonasi. aspek ekspresi merupakan komponen keterampilan membaca puisi yang paling lemah dikuasai oleh siswa. menunjukkan bahwa tidak ada satu pun siswa yang mendapat kategori "baik" dalam aspek ekspresi, dengan tiga siswa (anh, iai, dan as) berada pada kategori "cukup" dan empat siswa lainnya (aas, azr, aag, dan rav) masih "kurang" dalam mengekspresikan puisi melalui mimik wajah dan gerakan tubuh. kata kunci : puisi, pelafalan, intonasi, ekspresi

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to describe the poetry reading skills of fourth grade students b at sdn 006 tarakan this type of study adopts a qualitative approach with a descriptive qualitative research type the study began by selecting samples based on the existing population, with a total of 15 students as research subjects. data collection techniques in this study used tests, observations, and interviews. after that, the researcher processed the data from reading poetry by reducing the data results from the poetry reading skill tests, after reduction, it was found 7 subjects met the assessment standards for poetry reading skills. based on the research findings from seven subjects who were studied in depth, four students (aas, iai, rav, and as) received a 'good assessment in pronunciation, marked by clear vowels and smooth word pronunciation when reading poetry. there were three students (azr, anh, and aag) who showed a 'poor' level of pronunciation, primarily struggling with the pronunciation of difficult words and a tendency to read in a choppy manner. two students (azr and as) demonstrated 'good' intonation abilities, while four students (aas, iai, anh, and rav) fell into the 'sufficient category, and one student (aag) was still 'poor' in mastering the intonation. the aspect of expression was the weakest component of the poetry reading skills possessed by the students, indicating that none of the students achieved a 'good' category in the aspect of expression, with three students (anh, iai, and as) categorized as 'sufficient', and four other students (aas, azr, aag, and rav) are still "poor" in expressing poetry through facial expressions and body movements. keywords: poetry, pronunciation, intonation, expression.