
PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI TERPADU UNGGULAN 2 TANA TIDUNG
Pengarang : Muhammad Aldi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tujuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi perilaku bullying siswa. perilaku bullying merupakan segala bentuk penindasan dan kekerasan yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap orang lain dengan tujuan menyakiti dan dilakukan secara terus menerus kepada seseorang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalui metode eksperimen dengan desain pretest-postest one group design serta pengumpulan data melalui skala.teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert tentang perilaku bullying analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired samples test dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan h1 diterima dan h0 ditolak yang berarti ada perbedaan signifikan antara rata-rata sebelum dan sesudah sosiodrama. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik sosiodrama terhadap perilaku bullying di smp negeri terpadu unggulan 2 tana tidung. adapun jumlah sampel dalam penelitian yaitu berjumlah sebanyak 8 sampel dari 73 populasi yteang terdiri dari kelas 8 a,8 b,8 c peneliti mengambil sampel di kelas 8c dan melakukan uji angket di kelas 8 a dan 8 b.
Abstrak Indonesia
This study aimed to evaluate the effectiveness of group counseling using the sociodrama technique in reducing bullying behavior among students bullying is defined as repeated aggressive behavior, either physical or verbal, intended to hurt others. a quantitative research method was used, employing an experimental design with a one-group pretest-posttest model. data were collected using a likert-scale questionnaire assessing bullying behavior and analyzed through descriptive and inferential statistics using the paired samples t-test. the significance value (sig 2- tailed) was 0.001, indicating a significant difference between the pretest and posttest scores. thus, the hypothesis (hi) was accepted, and the null hypothesis (h0) was rejected. the study concluded that the sociodrama technique had a significant effect on reducing bullying behavior. the sample consisted of 8 students selected from a population of 73 across classes 8a, 8b, and 8c, with the intervention applied to class 8c and questionnaire testing conducted in classes 8a and 8b