UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV-C Di SDN 050 Tarakan

Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV-C Di SDN 050 Tarakan

Pengarang : Lydia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia melatih siswa untuk bisa berbicara dengan baik dan benar didepan banyak orang. keterampilan berbicara tidak dapat berdiri sendiri, namun saling berhubungan dengan keterampilan lainya yaitu membaca, menulis dan menyimak. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berbicara siswa kelas iv-c di sdn 050 tarakan yang ditinjau dari lima aspek yaitu: pelafalan, kelancaran, intonasi dan ketepatan isi. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualiatif. instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun tahapan analisis data yang dilakukan yaitu: 1)data reduction, 2)data display, 3)conclusion. hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa bervariasi berdasarkan tingkat kemampuan masing-masing. beberapa siswa sudah menunjukkan kemampuan berbicara yang baik dalam hal pelafalan dan kelancaran. namun, masih ada ditemukan kendala seperti kurangnya rasa percaya diri, penggunaan intonasi yang kurang tepat, ekspresi yang kurang hidup serta pemyampaian isi yang belum sepenuhnya lengkap. kata kunci : keterampilan berbicara, siswa kelas iv-c

Abstrak Indonesia

Speaking skills in indonesian language learning are essential for training students to communicate effectively and appropriately in public settings. speaking skills are closely linked to other language skills, including reading, writing, and listening. this study aimed to analyze the speaking skills of class iv-c students at sdn 050 tarakan, focusing on five aspects: pronunciation, fluency, intonation, expression, and content accuracy. a descriptive qualitative approach was employed, utilizing tests, observations, interviews, and documentation as data collection instruments. data analysis followed the stages of data reduction, data display, and conclusion drawing. the findings revealed that students demonstrated varied levels of speaking skills. while some students showed good performance in pronunciation and fluency, several challenges remained such as low self-confidence, improper use of intonation, limited expression, and incomplete content delivery. keywords: speaking skills, class iv-c students